GAMBARAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA MENGGUNAKAN LNDEKS BARTHEL DAN KATZ PADA PERIODE DESEMBER 2019 DI PANTI WERDHA WISMA MULIA JAKARTA BARAT

KURNIA, Jason (2019) GAMBARAN STATUS FUNGSIONAL LANSIA MENGGUNAKAN LNDEKS BARTHEL DAN KATZ PADA PERIODE DESEMBER 2019 DI PANTI WERDHA WISMA MULIA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sudah makin banyak bertambahnya populasi lansia di Indonesia, sehingga semakin banyak pula tantangan masyarakat untuk membantu meningkatkan kualitas hidup dari lansia. Banyak yang mempengaruhi kualitas hidup dari seorang lansia, salah satunya merupakan status fungsional dari lansia. Ketergantungan seorang lansia dapat berdampak negatif terhadap masyarakat. Terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi kemandirian dari lansia seperti masalah kesehatan. Selain itu, dari faktor usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan 1MT juga secara tidak langsung dapat mempengaruhi kemandirian lansia, dimana faktor-faktor tersebut dapat membatasi aktivitas yang dilakukan oleh lansia sehari-hari. Menurut Kemenkes 2017, terdapat sebanvak 13,28% penduduk lansia yang mengalami ketergantungan, dimana angka ini akan terus meningkat tiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran status fungsional lansia supaya dapat mencegah penurunan kualitas hidup lansia. Jenis penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif observational dengan desain penelitian cross-sectional. Pengukuran dan pengambilan sarnpel dilakukan di Panti Werdha Wisma Mulia dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa proporsi lansia berdasarkan indeks Barthel adalah 36 responden (72%) mengalami gangguan status fungsional dan jika menggunakan indeks Katz didapatkan 23 responden (46%) yang mengalami gangguan fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Paskalis Andrew
Uncontrolled Keywords: lansia, status fungsional, Barthel,Katz
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:33
Last Modified: 27 May 2024 13:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29271

Actions (login required)

View Item View Item