GAME ARAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA MENGGUNAKAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT INDONESIA PADA PERIODE DESEMBER 2019 DI PANTI WERDHA WISMA MULIA JAKARTA BARAT

TANJAYA, YONGKIE (2020) GAME ARAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA MENGGUNAKAN MONTREAL COGNITIVE ASSESSMENT INDONESIA PADA PERIODE DESEMBER 2019 DI PANTI WERDHA WISMA MULIA JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peningkatan jumlah lanjut usia di dunia semakiri meriingkat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Indonesia sendiri adalah salah satu negara dengan populasi lanjut usia terbanyak di dunia dan jumlahnya masih terus meningkat. Jumlah lanjut usia yang terus meningkat ini menimbulkan berbagai masalah sosial.ekonomi, dan kesehatan. Masalah kesehatan yang sering terjadi pada lanjut usia adalah gangguan fungsi kognitif. Selain berhubungan dengan penuaan, terjadinya gangguan fungsi kognitif juga berhubungan dengan penyakit seperti tumor ataupun komplikasi pascastroke,. Hal ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap fungsi kognitif sejak dini, ditambah dampak dari gangguan fungsi kognitif sendiri yang apabila dibiarkan akan menyebabkan penurunan kualitas hidup terutama pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fungsi kognitif pada lansia berdasarkan usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan,dan indeks massa tubuh(lMT). Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di Panti Werdha Wisma Mulia Jakarta Barat dengan menggunakan 45 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi, penilaian fungsi kognitif dilakukan dengan Montreal Cognitive Assessment (MoCA-lNA). Dari 45 subyek penelitan yang terdiri dari 33 perempuan dan 12 laki-laki. Berdasarkan Usia dan jenis kelamin subyek yang menunjukkan gangguan fungsi kognitif terbanyak adalah pada usia 60-74 tahun (77,8%) dan terutama terjadi pada perempuan(84,9%). Berdasarkan tingkat pendidikan dan IMT, penurunan fungsi kognitif terbanyak ditemukan pada SD(94,1%) dan kelompok underweight (94,7%). Hasil pemeriksaan fungsi kognitif dengan MoCA-INA didapatkan 15,6% dengan fungsi kognitif baik dan 84,4%' mengalami gangguan fungsi kognitif dari 45 subyek dengan visuospasial dan memori adalah domain yang mengalami gangguan paling banyak di Panti Werdha Wisma Mulia Jakarta Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Gunawan, Paskalis Andrew
Uncontrolled Keywords: Lansia, Fungsi Kognitif, MoCA-lna
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:45
Last Modified: 27 May 2024 14:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29274

Actions (login required)

View Item View Item