PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEMUNGKINAN KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

SURAYAL, GENNA (2020) PENGARUH MEKANISME TATA KELOLA PERUSAHAAN DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEMUNGKINAN KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
GENNA SURAYAL 115160487 JA.pdf

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan dan Kinerja Keuangan terhadap Kemungkinan Kebangkrutan. Tipe penelitian yang digunakan merupakan penelitian kausal — penelitian yang dilakukan untuk menemukan hubungan sebab dan akibat yang definitif atau menemukan penyebab dari satu atau lebih masalah. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel independen dan satu variabel dependen, yaitu kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, dan likuiditas sebagai variabel independen, dengan kemungkinan kebangkrutan sebagai variabel dependen. Sampel dari penelitian ini adalah 17 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari 2014 hingga 2018 yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kepemilikan manajerial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemungkinan kebangkrutan, proporsi dewan komisaris independen memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemungkinan kebangkrutan, dan likuiditas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemungkinan kebangkrutan. Kata kunci: kepemilikan manajerial, proporsi dewan komisaris independen, likuiditas, dan kemungkinan kebangkrutan. Khairina Natsir Dra., M.M.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:52
Last Modified: 14 Aug 2023 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29472

Actions (login required)

View Item View Item