PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TINDAKAN PAJAK AGRESIF PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DALAM PERIODE 2009-2011

Angelia, Angelia (2013) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP TINDAKAN PAJAK AGRESIF PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA DALAM PERIODE 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Angelia 125090607 Abstrak.pdf

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai perilaku perusahaan manufaktur yang go public di Indonesia dalam mengelola tindakan pajak agresif. Periode penelitian ini adalah tahun 2009-2011 dengan obyek penelitian berupa perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data penelitian yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh langsung melalui www.idx.co.id dan PIPM Universitas Tarumanagara. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah model linier berganda melalui program pengolahan data SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa corporate governance yang diproksikan melalui berupa saham yang dipegang oleh direktur (directors’ shareholding), dewan independen (board of independency), kekuatan pemegang saham (shareholders’ power), dan tarif pajak yang berlaku tidak terbukti memiliki pengaruh terhadap tindakan pajak agresif, sedangkan jumlah pemegang saham minoritas (minority shareholder) memiliki pengaruh terhadap tindakan pajak agresif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 May 2021 07:16
Last Modified: 24 May 2021 07:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29512

Actions (login required)

View Item View Item