PROFIL PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018

WIDYASTUTI, BRIGITA NIA (2020) PROFIL PENDEKATAN BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2018. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan belajar adalah cara seseorang dalam menyelesaikan dan mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan belajar terbagi ke dalam pendekatan belajar mendalam, pendekatan belajar permukaan dan pendekatan belajar pencapaian prestasi tinggi. Pendekatan belajar yang tepat di Fakultas Kedokteran bertujuan untuk mencapai standar kompetensi dalam setiap blok dengan baik, menjadi bahan evaluasioleh para pengajar dan memiliki tujuan jangka panjang dalam menyiapkan para mahasiswa menjadi seorang dokter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana profil pendekatan belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan studi cross sectional (potong lintang). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Sampel dari penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2018 dengan jumlah 94 mahasiswa dan telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data dilakukan menggunakan kuesioner The Revised Study Process Questionnaire 2 Factors (R-SPQ-2F) dan diolah menggunakan SPSS 20. Hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa persentase responden berdasarkan jenis kelamin sebesar 33 orang (35,1%) responden laki-laki dan 61 orang (64,9%) responden wanita, persentase pendekatan belajar responden sebesar 84 orang (89,4%) responden dengan pendekatan belajar mendalam dan 10 orang (10,6%) responden dengan pendekatan belajar permukaan serta persentase pendekatan belajar berdasarkan jenis kelamin responden sebesar 9 orang (90%) responden laki-laki dan 1 orang (10%) responden wanita masuk ke dalam pendekatan belajar permukaan serta 24 orang (28,6%) responden laki-laki dan 60 orang (71,4%) responden wanita masuk kepada pendekatan belajar mendalam. Saran kepada mahasiswa agar dapat menggunakan pendekatan belajar mendalam pada proses belajar agar tercapai tujuan dan kompetensi blok dengan maksimal serta bukan hanya sekedar lulus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Malik, Rebekah
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Belajar, Pendekatan Belajar Mendalam, Pendekatan Belajar Permukaan, Pendekatan Belajar Pencapaian Prestasi Tinggi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:28
Last Modified: 27 May 2024 14:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29629

Actions (login required)

View Item View Item