HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN LINGKAR PERUT TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA DEWASA USIA 20 - 45 TAHUN DI PUSKESMAS KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT

SIREGAR, RAYHAN AL-GHIFARIIRIDANSYAH (2020) HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN LINGKAR PERUT TERHADAP KEJADIAN DIABETES MELITUS PADA DEWASA USIA 20 - 45 TAHUN DI PUSKESMAS KECAMATAN X DI JAKARTA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendahuluan Prevalensi diabetes melitus tipe 2 mengalami peningkatan setiap tahunnya. Indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut yang tinggi berisiko dua kali lebih besar untuk menderita DM tipe 2. Sejauh ini belum ada data yang melihat hubungan indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut padakelompok usia dewasa di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Data univariat (usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, IMT, lingkar perut) dan gula darah sewaktu disajikan dalam bentuk tabel (persentase, nilai mean dan standar deviasi). Data bivariat (hubungan antara indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut terhadap diabetes melitus) akan disajikan dalam bentuk tabel 2x2 dan dianalisis dengan uji statistik chi-square. Hasil pada penelitian ini didapatkan sampel sebanyak 194 responden dimana didapatkan sebanyak 56,7% responden memiliki status gizi overweight sampai obese, sebanyak 31,4% responden dengan status lingkar perut diatas normal. Sebanyak 6,7% responden dengan status gizi overweight sampai obese mengalami hiperglikemia, dan sebanyak 5,7% responden dengan lingkar perut diatas normal mengalami hiperglikemia. Didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik antara indeks massa tubuh dan lingkar perut terhadap diabetes melitus pada usia 20-45 tahun di Puskesmas Kecamatan X di Jakarta Barat (p<Q,Q5). Kesimpulan Indeks massa tubuh (IMT) dan lingkar perut yang tinggi berhubungan dengan diabetes melitus tipe 2 pada kelompok usia dewasa di Jakarta Barat. Diperlukan kajian lanjutan untuk menilai hubungan antara diabetes melitus dengan faktor risiko lainnya pada kelompok usia dewasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Santoso, Alexander Halim
Uncontrolled Keywords: diabetes melitus, indeks massa tubuh, lingkar perut, dewasa
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:28
Last Modified: 27 May 2024 14:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29636

Actions (login required)

View Item View Item