PENGARUH COLD PRESSOR TEST TERHADAP TEKANAN DARAH PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2017

OCTAVIA, DEBORA RUTH (2020) PENGARUH COLD PRESSOR TEST TERHADAP TEKANAN DARAH PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA ANGKATAN 2017. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan gaya hidup seperti pola diet yang kurang sehat dan jarang berolahraga merupakan salah satu faktor risiko hipertensi. Deteksi hipertensi secara dini dan memprediksi risiko hipertensi di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan cold pressor test (CPT). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan rerata cold pressor test terhadap perbedaan waktu pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017. Desain penelitian ini adalah quasi-experimental dimana 36 mahasiswa/i yang diambil dengan cara Non Random Sampling dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok uji yang diukur tekanan darahnya sebelum paparan cold pressor test dan 30 detik, 60 detik, 90 detik, 120 detik setelah paparan CPT. Selama CPT, tangan dimasukkan hanya sebatas pergelangan tangan ke dalam air es dengan suhu 3-4°C untuk kelompok uji dan air dengan suhu ruangan untuk kelompok kontrol. Hasil Uji T Berpasangan menunjukkan tidak ada pengaruh perbedaan waktu 30 detik setelah CPT dengan sebelum CPT terhadap tekanan darah sistolik maupun diastolik responden kelompok uji. Namun didapatkan adanya pengaruh perbedaan waktu 60 detik dengan 90 detik setelah CPT dan 90 detik dengan 120 detik setelah CPT terhadap tekanan darah sistolik maupun diastolik kelompok uji. Hasil Uji T Tidak Berpasangan antar kelompok penelitian menunjukkan adanya pengaruh cold pressor test mulai dari 60 detik setelah CPT sampai 120 detik setelah CPT pada tekanan sistolik dan 90 detik setelah CPT pada tekanan diastolik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh cold pressor test terhadap perbedaan waktu pada mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lontoh, Susy Olivia
Uncontrolled Keywords: Cold Pressor Test (CPT), perbedaan waktu, tekanan darah
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:26
Last Modified: 27 May 2024 14:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29670

Actions (login required)

View Item View Item