HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN KEJADIAN BURNOUT Dl FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK

SIMATUPANG, EIRENE PRISCILLA CAROLINE (2020) HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN KEJADIAN BURNOUT Dl FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TAHAP AKADEMIK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kejadian burnout merupakan masalah yang masih banyak ditemui pada mahasiswa Fakultas Kedokteran. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya burnoui salah satunya adalah lingkungan pembelajaran. Kondisi lingkungan pembela jaran yang buruk dapat menjadi stresor bagi mahasiswa. Stres yang dialami secara terus-menerus akan menimbulkan burnout. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan persepsi mahasiswa tahap akademik terhadap lingkungan pembelajaran dengan kejadian burnout di FK Untar. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan desain cross sectional pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Subjek penelitian adalah 174 mahasiswa tahap akademik FK Untar. Pengambilan data dengan kuesioner Dundee Ready Educational Environmental Measure (DREEM) untuk menilai persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) untuk menilai kejadian burnout, kedua kuesioner sudah divalidasi dalam Bahasa Indonesia. Hasil analisis digunakan metode Kolmogorov-smirnov tidak terdapat hubungan antara persepsi terhadap lingkungan pembelajaran dengan kejadian burnout (p-value=0,635;PRR= 1,628). Pada penelitian ini, masing-masing aspek persepsi terhadap lingkungan pembelajaran dan burnout menunjukkan tidak ada hubungan, kecuali pada satu aspek yaitu persepsi terhadap staf pengajar (p- value=0,007; PRR=1,159). Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara persepsi terhadap lingkungan pembelajaran dengan kejadian burnout. Saran peneliti adalah diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat menilai faktor-faktor lain yang dapat menyebabkan kejadian burnout.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Widjaja, Yoanita
Uncontrolled Keywords: lingkungan pembelajaran, kejadian burnout
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:23
Last Modified: 27 May 2024 14:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item