HUBUNGAN LAMA KERJA DENGAN KECURIGAAN KEJADIAN NEFROPATI BERDASARKAN HASIL URINALISIS PADA SALAH SATU PERUS AHA AN TIMAH DI PULAU SUMATERA TAHUN 2019

NOVELA, CINDY (2020) HUBUNGAN LAMA KERJA DENGAN KECURIGAAN KEJADIAN NEFROPATI BERDASARKAN HASIL URINALISIS PADA SALAH SATU PERUS AHA AN TIMAH DI PULAU SUMATERA TAHUN 2019. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pulau Bangka menjadi penghasil timah terbesar di Indonesia, area penambangan terbesar di pulau ini dikuasai oleh Perusahaan Timah di Pulau Sumatera. Penggunaan timah ini sejalan dengan pengolahannya, dimana pengolahan timah tersebut berdampak negatif terhadap pekerja yang mengelolah timah. Hal ini berhubungan dengan lamanya paparan timah yang dapat berisiko menyebabkan nefropati akut hingga kronik.Terjadinya suatu nefropati akibat paparan timah, membutuhkan waktu yang cukup lama dan paparan timah dengan kadar yang cukup tinggi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik demografi,antropometri,data pekerjaan,perilaku dan kesehatan ,hasil pemeriksaan laboratorium darah,hasil pemeriksaan urinalisis pekerja smelter Perusahaan Timah ,hubungan lama kerja >20 tahun.merokok ,bagian kerja dengan kejadian nefropati.Penelitian ini adalah studi analitik dengan metode penyebaran kuesioner dan pengambilan data laboratorium melalui pendekatan cross sectional, dengan jumlah responden sebanyak 192 orang.Hasil penelitian menunjukan usia rata-rata pekerja sebesar 36 tahun, berjenis kelamin laki-laki 100%, berat badan rata-rata sebesar 67,24kg, tinggi badan rata rata sebesar 172,33cm, IMT rata-rata sebesar 22,622kg/nr. Lama kerja rata-rata sebesar 7,67 tahun, meliputi pekerja yang bekerja lebih >20 tahun(3,l%) dan<20 tahun(93,6%),yang terbagi dalam 6 bagian kerja. Seluruh pekerja bekerja selama 8 jam/hari dan 6 hari/minggu.Konsumsi air/hari pekerja rata-rata sebanyak 2 liter, frekuensi BAK rata-rata sebanyak 3 kali/hari,dimana 4,7% pekerja pernah mengalami kesulitan BAK, 4,2% pekerja pernah mengalami disuria, l%pernah mengalami BAK yang mengandung batu atau pasir.91,1% pekerjamemeliki kebiasaan merokok ,2,6% memiliki kebiasaan minum alkohol,38,6% memiliki riwayat sakit pinggang.Seluruh pekerja selalu memakai APD saat bekerja,dan sudah pernah mendapatkan pelatihan K3.Hasil pemeriksaan laboratorium darah, 99% memiliki kadar Hb normal, 100% memiliki kadar leukosit normal, 1,6% memilki kadar ureum dan kreatinin yang meningkat.Hasil pemeriksaan urinalisis, 100% memiliki urine bewarna kuning, meliputi 97% memiliki urine jernih, 1% urine agak keruh, dan 2% urine keruh. Kadar darah,leukosit estrase,glukosa, ketone urine, bilirubin, dan nitrit, semuanya memiliki hasil negatif. Kadar berat jenis urine rata-rata sebesar 1,018 , pH urine rata-rata sebesar 6,203. 1,6% pekerja pos it if proteinuria.Kadar silinder,bakteri,kristal,jamur negatif sedangkan kadar epitelnya positif, leukosit urine rata rata sebesar 1,45/LPB , eritrosit urine memiliki rata-rata 1,2/LPB.Didapatkan hubungan bermakna antara lama kerja>20tahun dengan kejadian nefropati(p<0,05) melalui penegakan diagnosis dengan hasil ureum,kreatinin serum dan proteinuria.Sedangkan tidak terhadapat hubungan bermakna antara kebiasaan merokok dan bagian kerja dengan kejadia nefropati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Novendy
Uncontrolled Keywords: tambang timah,nefropati,lama kerja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:19
Last Modified: 27 May 2024 14:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29869

Actions (login required)

View Item View Item