Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang BPJS Kesehatan dengan Status Kepesertaan BPJS Kesehatan di Puskesmas Jiput

SAMPURNO, DANA PROFIT (2020) Hubungan Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang BPJS Kesehatan dengan Status Kepesertaan BPJS Kesehatan di Puskesmas Jiput. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

BPJS Kesehatan adalah badan publik yang menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan. Badan ini bertujuan untuk mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar hidup yang layak. Mulai tanggal I Januari 2019 setiap Warga Negara Indonesia diwajibkan untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan. Kepesertaan dari BPJS Kesehatan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya dipengaruhi oleh faktor pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini adalah ditingkatkannya pengetahuan sehingga kepesertaan BPJS Kesehatan juga meningkat. Penelitian ini adalah studi deskriptif menggunakan metode crosssectional, subjek penelitian ini terdiri dari 113 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan tentang BPJS Kesehatan dan untuk analisis bivariatnya menggunakan metode Chi Square. Dalam penelitian ini diperoleh 58,4% responden merupakan peserta BPJS Kesehatan dan 55,8% responden memiliki tingkat pengetahuan cukup. Penelitian ini menunjukkan terdapal hubungan anlara tingkal pengetahuan masyarakat tentang BPJS Kesehatan dengan status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Atzmardina, Zita
Uncontrolled Keywords: BPJS Kesehatan, Pengetahuan, Kepesertaan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:16
Last Modified: 27 May 2024 14:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29893

Actions (login required)

View Item View Item