GAME ARAN JUMLAH DAN LAMA MEROKOK DENGAN MUNCULNYA GEJALA KEBAS ATAU KESEMUTAN PADA JARI TANGAN DAN ATAU KAKIMASYARAKAT JABODETABEK 2020

YESISCA, YESISCA (2020) GAME ARAN JUMLAH DAN LAMA MEROKOK DENGAN MUNCULNYA GEJALA KEBAS ATAU KESEMUTAN PADA JARI TANGAN DAN ATAU KAKIMASYARAKAT JABODETABEK 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyakit tidak meriular dengan angka kejadian yang cukup tinggi di Indonesia. Salah satu faktor resiko terjadinya penyakit ini adalah merokok. Merokok memicu timbulnya proses arterosklerosis yang diawali dengan terbentuknya plak sehingga mengganggu aliran darah. Hal ini dapat memicu timbulnya gejala kebas atau kesemutan terutama pada jari-jari tangan atau kaki. Tingginya jumlah perokok terutama di Jakarta memungkinkan terjadinya peningkatan kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah di Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui data mengenai kebiasaan merokok (lama dan jumlah) dengan munculnya gejala kebas atau kesemutan pada jari tangan dan atau kaki. Metode penelitian ini adalah deskriptif cross-sectional dengan menggunakan kuesioner aplikasi komputer. Pengambilan sampel menggunakan metode consecutive random sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian didapatkan, mayoritas responden (56,7%) merokok dengan jumlah merokok sedang (10-20 batang rokok dalam satu hari) dan mayoritas sudah merokok selama kurang dari 10 tahun (kategori sebentar) (55,0%). Berdasarkan timbulnya gejala kesemutan, mayoritas responden (63,3%) mengalami gejala kebas atau kesemutan pada jari tangan dan atau kaki. Berdasarkan jumlah rokok yang di konsumsi, gejala kebas atau kesemutan, mayoritas dialami oleh kelompok dengan jumlah merokok sedang (73,5%). Berdasarkan lamanya merokok, gejala kebas atau kesemutan, mayoritas dialami oleh responden yang merokoknya lebih dari 20 tahun (75%). Pada hasil tersebut dapat disimpulkan, terdapat semakin lama waktu dan banyaknya jumlah rokok yang dikonsumsi maka semakin tinggi resiko munculnya gejala kebas atau kesemutan pada jari tangan dan atau kaki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dewi, Sari Maryati
Uncontrolled Keywords: merokok, kebas, kesemutan, jari tangan, jari kaki
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:12
Last Modified: 27 May 2024 14:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29913

Actions (login required)

View Item View Item