GAMBARAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DENGAN PEMBERIAN MPASI (MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU) INSTAN, MPASI RUMAHAN DAN MPASI CAMPURAN

AIFUNAN, INGGAR NASTITI (2020) GAMBARAN STATUS GIZI BAYI USIA 6-12 BULAN DENGAN PEMBERIAN MPASI (MAKANAN PENDAMPING AIR SUSU IBU) INSTAN, MPASI RUMAHAN DAN MPASI CAMPURAN. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Status gizi masih menjadi suatu masalah yang umum dihadapi oleh bayi yang khususnya berada dinegara berkembang, ada banyak faktor yang mempengaruh status gizi bayi salah satunya adalah MPASI. Pemberian MPASI tentunya menjadi sangat penting karena kebutuhan energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan tidak mampu lagi ditunjang oleh ASI. Selain itu terdapat juga makronutrien dan mikronutrien yang harus didapatkan melalui pemberian MPASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi bayi usia 6 – 12 bulan melalui jenis pemberian MPASInya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif observasional, dengan desain penelitian cross-sectional dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Total sampling didapat dari sebanyak 81 bayi berusia 6 – 12 bulan yang mengunjungi Puskesmas Kecamatan Makasar. Variabel tergantungnya adalah status gizi berdasarkan indikasi IMT, BB/PB, BB/U, PB/U. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner MPASI dan pengukuran BB dan PB. Data yang dikumpulkan dalam bentuk tabel dan narasi serta dilanjutkan dengan perhitungan menggunakan program komputer. Hasil penelitian menunjukan MPASI yang banyak diberikan adalah MPASI rumahan (46,9 %). Didapatkan hasil bahwa untuk indikasi IMT didapatkan gizi baik sebanyak 100 % dari bayi yang diberikan MPASI instan, sedangkan dari indikasi BB/PB didapatkan gizi baik sebanyak 100 % dari bayi yang diberikan MPASI instan, dari indikasi BB/U didapatkan berat badan normal sebanyak 89,5 % dari bayi yang diberikan MPASI rumahan, dan dari indikasi PB/U didapatkan tinggi badan normal sebanyak 92,3 % dari bayi yang diberikan MPASI instan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Farah, Fransiska
Uncontrolled Keywords: Status gizi, bayi usia 6 – 12 bulan, dan MPASI
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 14:08
Last Modified: 27 May 2024 14:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item