EKSTRAK DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS): SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI TOKSISITAS

NADIA, SABINA AYU (2020) EKSTRAK DAUN SUKUN (ARTOCARPUS ALTILIS): SKRINING FITOKIMIA, KAPASITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI TOKSISITAS. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan alam dapat digunakan dalam proses pengobatan ataupun sebagai pencegahan terhadap suatu penyakit. Sukun (Artocarpus altilis) merupakan tanaman yang tumbuh sepanjang tahun dan tersebar luas di lingkungan tropis pada suhu antara 15° hingga 40° C. Daun sukun berkhasiat digunakan sebagai obat tradisional, seperti pengobatan gangguan hati, hipertensi, diabetes mellitus, dan kanker. Senyawa fenolik, flavonoid, dan tanin mempunyai efek antioksidan. Kemampuan daun sukun untuk mengobati berbagai penyakit tersebut diduga berhubungan erat dengan fitokimia dan kapasitas antioksidan dari tanaman tersebut. Antioksidan merupakan molekul yang berfungsi untuk menetralkan kelebihan radikal bebas, menjaga sel dari efek racunnya, dan berkaitan pada pencegahan penyakit serta merupakan molekul yang dapat menghambat oksidasi pada molekul lain. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui senyawa kimia dari skrining fitokimia, kapasitas total antioksidan, dan toksisitas dari daun sukun. Penelitian ini merupakan studi eksperimental menggunakan bagian daun untuk diteliti. Daun sukun dikeringkan kemudian diekstraksi dengan teknik maserasi menggunakan metanol. Dalam penelitian ini dilakukan skrining fitokimia, uji kapasitas antioksidan, dan uji toksisitas dengan BSLT. Skrining fitokimia ekstrak daun sukun pada uji alkaloid, antosianin, betasianin, kardio glikosida, kumarin, flavonoid, glikosida, fenolik, saponin, steroid, terpenoid dan tanin memberikan hasil yang positif. Ekstrak daun sukun memiliki kapasitas antioksidan dengan IC50 sebesar 202,74 µg/mL, yang merupakan antioksidan sedang. Ekstrak daun sukun memiliki LC50 sebesar 89,33 µg/mL, berarti ekstrak daun sukun bersifat toksik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Darmawi, Kumala Dewi
Uncontrolled Keywords: Daun sukun (Artocarpus altilis), radikal bebas, skrining fitokimia, kapasitas total antioksidan, toksisitas.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:54
Last Modified: 27 May 2024 13:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item