TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TERHADAP VAKSINASI PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2020

SANJAYA, SONI (2020) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA TERHADAP VAKSINASI PERIODE OKTOBER-NOVEMBER 2020. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vaksin bisa menjadi salah satu upaya dalam mencegah kematian setiap orang. Vaksin haruslah aman dan berpotensi jika digunakkan agar menghindari berbagai efek samping dan memberikan manfaat yang optimal. Perlunya pengetahuan mahasiswa kedokteran sebagai calon dokter untuk mengetahui vaksinasi sebelum diedarkan agar dapat memberi informasi yang baik dan benar kepada masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada bulan Oktober-November pada tahun 2020 dengan bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan pada mahasiswa blok imunologi terhadap vaksinasi. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan metode case control. Subyek pada penelitian ini sebanyak 237 responden yang memenuhi kriteria inklusi yang terdiri dari 164 perempuan (69,2%) dan 73 laki-laki (30,8%). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online melalui google form. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan mahasiswa dengan tingkat pengetahuan yang baik sebanyak 86 orang (36,3%), cukup baik sebanyak 77 orang (32,5%) dan kurang baik sebanyak 74 orang (31,2%) terhadap vaksinasi. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah pengetahuan mahasiswa terhadap vaksinasi adalah baik sebanyak 86 orang (36,3%) dari keseluruhan 237 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Saran yaitu diperlukan penelitian lanjutan di tingkat Universitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mantu, Melani R.
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Mahasiswa, Vaksinasi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 27 May 2024 13:53
Last Modified: 27 May 2024 13:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item