Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19

Levine, Michelle (2020) Strategi Komunikasi Dosen Perguruan Tinggi Swasta dalam Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstract Covid-19 pandemic had brought significant changes in the education sector. Social distancing to suppress the spread of this virus is a main reason to arrange online learning activities using new media virtual meeting. This changes makes lecturers need to adapting in ability to convey learning material properly so that lecturers need to have a new strategies in online learning activities. This thesis aims to know how the communication strategies of lecturers on teaching and learning in online process during the Covid-19 pandemic. The main theoretical concepts are used strategy of communication, new media, educational communication, and distance learning. The main concept in this thesis is strategy of communication, new media, educational communication, and distance learning. The methods of data collection in this thesis were used interviews and literature study. Interviews were conducted with four informants who works as lectures at Jakarta. This thesis shows that the lecturer analyzes the media who used for online learning, online learning is also filled with problem-based learning methods, adding or subtracting substance. Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang signifikan dalam sektor Pendidikan. Pembatasan jarak untuk menekan penyebarluasan virus menjadi alasan utama diadakannya perkuliahan daring. Perubahan ini membuat dosen harus beradaptasi agar proses perkuliahan dapat berjalan dengan baik. Dosen harus memiliki strategi baru dalam perkuliahan daring. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategic komunikasi dosen perguruan tinggi swasta dalam perkuliahan daring di masa pandemi covid-19. Konsep utama yang digunakan adalah strategi komunikasi, media baru, komunikasi pendidikan, dan pembelajaran jarak jauh. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara dan studi pustaka. Wawancara dilakukan kepada empat orang narasumber yang berprofesi sebagai dosen di perguruan tinggi swasta yang terletak di Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa dosen melakukan analisa terhadap media-media yang digunakan untuk pembelajaran daring, pembelajaran daring juga dipenuhi oleh metode problem based learning, memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia, melakukan pengurangan atau penambahan substansi atau bobot tugas dan materi, serta bermain dengan tempo dan intonasi saat berbicara. Keywords Comunication Strategy; Covid-19 Pandemic; New Media; Online Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:08
Last Modified: 08 Jun 2021 03:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item View Item