PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN, KOMPOSISI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011

Meidiana, Meidiana (2013) PENGARUH ASIMETRI INFORMASI, UKURAN PERUSAHAAN, KOMPOSISI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PRAKTIK MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Meidiana 125090017 Abstrak.pdf

Download (16kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh asimetri informasi, ukuran perusahaan, komposisi dewan komisaris independen dan ukuran dewan komisaris terhadap praktik manajemen laba pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 56 sampel terpilih melalui teknik purposive sampling dan menggunakan multiple regression analysis untuk melakukan analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan dari perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2009-2011. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba, sedangkan variabel independen meliputi asimetri informasi, ukuran perusahaan, komposisi dewan komisaris independen, dan ukuran dewan komisaris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi dewan komisaris independen dan ukuran dewan komisaris mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba sedangkan asimetri informasi dan ukuran perusahaan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:46
Last Modified: 26 Aug 2021 04:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30412

Actions (login required)

View Item View Item