FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2009

Aisha, Diana (2012) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007 – 2009. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi audit delay. Variabel yang digunakan adalah ukuran perusahaan, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas, ukuran KAP, dan opini audit. Metode yang digunakan dalam pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah metode simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan studi kepustakaan dan observasi. Data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan SPSS versi 17 dan Microsoft Excel 2007.Penelitian ini dilakukan pada 105 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 - 2009. Data yang digunakan adalah data-data yang ada di perusahaan manufaktur tahun 2007-2009. Data yang diambil antara lain total asset, total liabilities, net income after tax, ukuran KAP yang mengauditnya, opini audit yang diberikan auditor, dan ketepatan waktu penyampaian laporan auditnya. Untuk membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Kemudian pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa semua variabel dependen secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ada 2 dari 5 faktor yang berpengaruh terhadap audit delay, yakni faktor solvabilitas dan opini audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 05:10
Last Modified: 08 Jun 2021 05:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30776

Actions (login required)

View Item View Item