PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DENGAN PERENCANAAN STRATEGIS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI EMPIRIK PADA PERBANKAN DI JAKARTA)

Widiasari, Heny (2012) PENGARUH PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD DENGAN PERENCANAAN STRATEGIS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI (STUDI EMPIRIK PADA PERBANKAN DI JAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Good Corporate Governance terhadap kinerja perusahaan menggunakan pendekatan balanced scorecard dengan perencanaan strategis sebagai variabel pemoderasi. Grand theory dalam penelitian ini adalah taxonomy bloom yang merujuk pada taxonomy yang dibuat untuk tujuan pendidikan. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain (ranah, kawasan) dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya. Domain yang dipergunakan sebagai dasar penelitian ini adalah cognitive domain. Cognitive domain berkenaan dengan kemampuan dan kecakapan-kecakapan intelektual berpikir yang meliputi enam tahap yaitu pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension understanding), penerapan (application), analisis (analysis), sintesis (synthesis), dan evaluasi (evaluation). Metode yang dipakai adalah riset lapangan dengan menyebarkan 100 kuesioner kepada responden yang berbeda-beda,yaitu 1) kuesioner penerapan good corporate governance, perencanaan strategis, dan proses bisnis internal diberikan kepada manajer dan staf good corporate governance perbankan, 2) kuesioner kepuasan karyawan diberikan kepada seluruh karyawan dalam perbankan, 3) kuesioner kepuasan nasabah diberikan kepada semua nasabah perbankan. Hasil penelitian penerapan good corporate governance dengan moderasi perencanaan strategis terhadap kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard memberikan kontribusi sebesar 62.3%, sisanya sebesar 37.7% dijelaskan oleh variabel di luar model penelitian ini. Variabel lain yang diduga ikut mempengaruhi kinerja perusahaan antara lain corporate social responsibility, internal control, dan komitmen organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Jun 2021 08:57
Last Modified: 08 Jun 2021 08:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30811

Actions (login required)

View Item View Item