ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Angelina, Maria (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEND PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari faktor-faktor yaitu assets growth (g), stock price (SP), debt to equity ratio (DER), dan total assets turnover (TATO) terhadap besarnya dividend payout ratio (DPR) yang dibagikan oleh perusahaan. Populasi penelitian ini sejumlah 32 perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Metode pengumpulan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan kriteria (1) perusahaan barang konsumsi yang menerbitkan laporan keuangan periode 2008-2010 (2) perusahaan tersebut memiliki data variabel yang dibutuhkan dalam penelitian (3) perusahaan tersebut melakukan pembagian dividen kepada pemegang saham secara berturut-turut selama tahun 2008-2010. Data diambil dari www.idx.co.id. Dan diperoleh jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 15 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi linear ganda dengan uji asumsi klasik, uji-t dan uji F. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa semua data layak untuk dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel g, SP, TATO berpengaruh secara parsial terhadap DPR sedangkan DER tidak berpengaruh terhadap DPR. Sedangkan hasil R Squared menunjukkan bahwa pengaruh variabel g, SP, DER, TATO secara bersama-sama terhadap DPR sebesar 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:08
Last Modified: 11 Jun 2021 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30961

Actions (login required)

View Item View Item