EVALUASI PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. SCIENTIA PELITA TAHUN 2010 DALAM RANGKA MEMENUHI KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN PAJAK YANG BERLAKU

Ibrahim, Muchamad Fadly (2012) EVALUASI PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN PADA PT. SCIENTIA PELITA TAHUN 2010 DALAM RANGKA MEMENUHI KETENTUAN PERUNDANG-UNDANGAN PAJAK YANG BERLAKU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

PT Scientia Pelita merupakan salah satu perusahaan yang menjadi salah satu Wajib Pajak, yang mempunyai kewajiban untuk melakukan penyetoran pajak. Adapun masalah yang dihadapi oleh PT Scientia Pelita pada saat ini adalah terjadinya perbedaan antara perhitungan penghasilan dan biaya menurut komersial dengan perhitungan menurut pajak atau fiskal. Ini disebabkan karena adanya beda tetap (permanent differences) dan adanya beda waktu (timing differences). Untuk mengatasi masalah tersebut, metode yang digunakan adalah dengan cara melakukan rekonsiliasi laporan keuangan komersial menjadi laporan keuangan fiskal, melalui fiskal positif dan fiskal negatif. Dan membuat laporan keuangan perusahaan dengan peraturan perpajakan yang beraku saat ini. Hasil penelitian yang dilakukan penulis,disimpulkan bahwa PT Scientia Pelita telah menerapkan Pajak Penghasilan sesuai dengan ketentuan perpajakan di Indonesia. Hal ini dapat dilihat bahwa PT Scientia Pelita telah melaksanakan kewajiban formal yaitu dengan melaksanakan pembukuan, pelaporan dan penyetoran pajak teratur sesuai dengan batas waktunya. Selain itu sistem prosedur dan perhitungan, laporan dan penyetorannya telah sesuai dengan peraturan perpajakan baik dengan “ketentuan umum dan tata cara perpajakan” maupun “undang-undang pajak” yang terbaru dan untuk dasar perhitungan Pajak Penghasilan, PT Scientia Pelita telah melaksanakan rekonsiliasi pada pembukuannya. Hal itu telah sesuai dengan ketentuan pajak di Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 11 Jun 2021 09:19
Last Modified: 11 Jun 2021 09:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/30974

Actions (login required)

View Item View Item