PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIK PADA 16 PERUSAHAAN DI JAKARTA DAN TANGERANG)

Suharyo, Ricky Hartoono (2012) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP SENJANGAN ANGGARAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI EMPIRIK PADA 16 PERUSAHAAN DI JAKARTA DAN TANGERANG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik apakah terdapat pengaruh positif partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran, apakah komitmen organisasi memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran, dan apakah ketidakpastian lingkungan memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mempelajari jurnal – jurnal dan buku teori yang berhubungan dengan topik penelitian, yang terdapat di perpustakaan yang berada di Jakarta dan Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS ( Statistical Program For Social Science ) versi 19.00. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu model regresi sederhana, regresi berganda dan moderate regression analysis. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakukan pengujian instrumen data dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan pengaruh positif partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran, komitmen organisasi memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran, dan ketidakpastian lingkungan memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan wawancara sebagai alternatif pengumpulan data dan menambahkan variabel moderat lainnya yang mempengaruhi partisipasi anggaran terhadap senjangan anggaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 02:53
Last Modified: 15 Jun 2021 02:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31014

Actions (login required)

View Item View Item