PENGARUH UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2010

Sujatmiko, Vonny Adriana (2012) PENGARUH UKURAN KAP, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, SOLVABILITAS, DAN OPINI AUDIT TERHADAP AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya pengaruh ukuran KAP, ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan opini audit terhadap audit delay, baik secara simultan maupun parsial. Penelitian dilakukan terhadap 49 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2007-2010. Semua data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS for Windows 19.0. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis dengan model regresi linier berganda, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan pengujian asumsi klasik. Hasil uji t dengan tingkat keyakinan 95% menunjukkan bahwa ukuran KAP dan opini audit secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay, sedangkan ukuran perusahaan, profitabilitas, dan solvabilitas secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay. Uji nilai F dengan tingkat keyakinan 95% menunjukkan bahwa ukuran KAP, ukuran perusahaan, profitabilitas, solvabilitas, dan opini audit secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay. Hendaknya penelitian selanjutnya memperluas lingkup penelitian, menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang, menyertakan faktor-faktor lain yang memengaruhi audit delay, dan menggunakan data primer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:01
Last Modified: 15 Jun 2021 04:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31048

Actions (login required)

View Item View Item