PENGARUH RASIO LEVERAGE, RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, PORSI SAHAM PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN WAJIB DALAM LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010

Yenny, Yenny (2012) PENGARUH RASIO LEVERAGE, RASIO LIKUIDITAS, RASIO PROFITABILITAS, PORSI SAHAM PUBLIK, UKURAN PERUSAHAAN, DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP KELENGKAPAN PENGUNGKAPAN WAJIB DALAM LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan secara empiris pengaruh rasio leverage, rasio likuiditas, rasio profitabilitas, porsi saham publik, ukuran perusahaan, dan umur perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan wajib dalam laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Dalam penelitian ini, pengungkapan wajib dalam laporan keuangan menggunakan indikator yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga keuangan (Bapepam) dalam Surat Edaran Ketua Bapepam No. SE-02/PM/2002. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 240 sampel selama periode penelitian. Pengujian dilakukan dengan software SPSS 19.00 for windows menggunakan regresi berganda (multiple regression) untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rasio likuiditas mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan wajib, selain itu ukuran perusahaan juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan pengungkapan wajib, sedangkan rasio leverage, rasio profitabilitas, porsi saham publik, dan umur perusahaan tidak mempunyai pengaruh terhadap kelengkapan pengungkapan wajib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Jun 2021 04:59
Last Modified: 15 Jun 2021 04:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/31071

Actions (login required)

View Item View Item