PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING

Gunawan, Aditiya Christianto (2012) PENGARUH PARTISIPASI ANGGARAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL MELALUI KOMITMEN ORGANISASI DAN MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
ADITIYA CHRISTIANTO GUNAWAN-125080228_asbtrak.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik mengenai ada atau tidaknya pengaruh partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial pada perusahaan manufaktur dengan komitmen organisasi dan motivasi sebagai variable moderating. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mempelajari jurnal – jurnal dan buku teori yang berhubungan dengan topik penelitian, yang terdapat di perpustakaan dan serta informasi lainnya dari berbagai website di internet. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS ( Statistical Program For Social Science ) versi 19.00. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu model simple regression, multiple regression dan Moderated Regression Analysis. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakukan pengujian kualitas data, dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukan partisipasi anggaran berpengaruh terhadap kinerja manajerial, dan interaksi antara partisipasi anggaran dengan komitmen organisasi juga memiliki pengaruh terhadap kinerja manajerial, sedangkan motivasi tidak berhasil memoderasi pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial. Penelitian selanjutnya disarankan agar menambah sektor perusahaan yang menjadi sampel penelitian, serta menambahkan variabel – variabel lainnya yang mempengaruhi kinerja manajerial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 12 Aug 2021 02:10
Last Modified: 12 Aug 2021 02:10
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32192

Actions (login required)

View Item View Item