Pengaruh modulus perkerasan lentur dan overloading terhadap kerusakan alur dan fatik

Tajudin, Anissa Noor and Setyarini, Ni Luh Putu Shinta Eka and Alberik, Beryl (2018) Pengaruh modulus perkerasan lentur dan overloading terhadap kerusakan alur dan fatik. In: Seminar Nasional Teknologi dan Sains III 2018 Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Masyarakat. Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara, pp. 131-140. ISBN 978-602-53951-0-9

[img] Text
PENGARUH MODULUS PERKERASAN LENTUR DAN OVERLOADING TERHADAP KERUSAKAN ALUR DAN FATIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Modulus elastisitas akan berpengaruh pada pola pendistribusian beban roda kendaraan ke lapis perkerasan. Selain itu, beban kendaraan serta prediksi pertumbuhan beban lalu-lintas penting untuk dipertimbangkan dalam perencanaan perkerasan lentur. Meskipun material yang digunakan sudah sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada, namun perkerasan dapat mengalami keruntuhan sebelum masa layan habis jika dalam perencanaan tidak dipertimbangkan secara tepat terkait potensi pertumbuhan lalu lintas dan kelebihan pembebanan (overloading). Berdasarkan latar belakang tersebut, akan dianalisis mengenai pegaruh perubahan modulus elastisitas lapisan perkerasan lentur serta pengaruh pembebanan berlebih terhadap respons regangan horizontal dan regangan vertikal dan kerusakan alur serta fatik. Evaluasi perkerasan yang dihasilkan dari perhitungan dengan menggunakan program KENPAVE dengan variasi skema kelebihan pembebanan sebesar 0%, 25%, 50%, 75%, dan 100%. Modulus elastisitas masing-masing lapisan divariasikan sebesar -30%, -20%, -10%, +10%, +20%, dan +30%. Semakin besar nilai modulus permukaan, pondasi atas, dan pondasi bawah maka semakin kecil juga nilai regangan tekan dan tarik. Hal ini disebabkan semakin tinggi kekuatan lapisan maka sudut distribusi beban akan semakin besar sehingga beban yang diterima oleh tanah dasar dan dasar lapis beraspal akan semakin kecil. Penambahan beban kendaraan akan menyebabkan regangan tekan semakin tinggi. Hal ini disebabkan penambahan beban akan meningkatkan tekanan yang disalurkan kendaraan ke perkerasan, sehingga regangan tekan pada tanah dasar akan semakin tinggi. Perkerasan aman dari kerusakan alur untuk pembebanan normal sampai dengan kelebihan 50% dan pada beberapa variasi modulus dengan kelebihan pembebanan 75%. Perkerasan aman dari kerusakan fatik untuk pembebanan normal sampai dengan kelebihan 25% dan pada beberapa variasi modulus dengan kelebihan pembebanan 50%.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: modulus elastisitas, pembebanan berlebih, mekanistik empiris, fatik, alur
Subjects: Proceeding
Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:36
Last Modified: 17 Sep 2021 03:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item View Item