PENGARUH KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT, KUALITAS AUDIT DAN PROFITABILITAS TERHADAP REAL EARNINGS MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2018)

JANICE, EMILY (2020) PENGARUH KEAHLIAN KEUANGAN KOMITE AUDIT, KUALITAS AUDIT DAN PROFITABILITAS TERHADAP REAL EARNINGS MANAGEMENT (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2016-2018). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Emily Janice 125150292 JA.pdf

Download (732kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh keahlian keuangan komite audit, kualitas audit yang diproksikan dengan ukuran KAP, dan profitabilitas terhadap real earnings management. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 59 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan data sekunder dan tahun pengamatan yang digunakan adalah tahun 2016 sampai dengan tahun 2018. Semua data dan laporan keuangan maupun tahunan yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Dalam pengolahan data, penelitian ini menggunakan analisis data uji asumsi klasik, uji statistik deskriptif, uji f, uji t dan uji koefisien determinasi. Pengujian hipotesis penelitian ini mengguankan uji t dimana hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa keahlian keuangan komite audit dan kualitas audit tidak memiliki pengaruh terhadap real earnings management sedangkan profitabilitas berpengaruh positif terhadap real earnings management. Kata Kunci: Real Earnings Management, Keahlian Keuangan Komite Audit, Kualitas Audit, Profitabilitas Abstract: This research aims to find out and analyze the impact of audit committee financial expertise, audit quality that is proxied by external audit firm size, and profitability on real earnings management. The method used in this research was purposive sampling with a total sample of 59 manufacturing companies listed in Indonesian Stock Exchange (IDX). The type of data used was secondary data acquired through financial statements extracted from www.idx.co.id. Data analysis methods used in this research were classical assumption analysis, descriptive statistical test, f test, t test, and the test of determination coefficient. T test was used to test this study’s hypothesis. Final result of the study showed that audit committee financial expertise and audit quality proxied by external audit firm size do not have any significant effect on real earnings management, while profitability has been shown to have a positive effect on real earnings management. Keywords: Real Earnings Management, Audit Committee Financial Expertise, Profitability.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:59
Last Modified: 15 Nov 2021 01:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/32981

Actions (login required)

View Item View Item