PROSES KOMUNIKASI DALAM ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA PERANTAUAN DI JAKARTA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERANTAUAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA)

FEBIYANTO, FEBIYANTO (2016) PROSES KOMUNIKASI DALAM ADAPTASI BUDAYA MAHASISWA PERANTAUAN DI JAKARTA (STUDI KASUS PADA MAHASISWA PERANTAUAN UNIVERSITAS TARUMANAGARA). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitan ini membahas mengenai proses adaptasi budaya mahasiswa perantauan di Jakarta. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa saja proses komunikasi para mahasiswa dalam beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda budaya, bagaimana perbedaan budaya daerah asal dan Jakarta, serta bagaimana cara mahasiswa pendatang mengatasi adanya ketidaknyamanan yang muncul saat dilingkungan baru. Penelitian ini menggunakan teori budaya, komunikasi, komunikasi antarbudaya, gegar budaya, akulturasi dan adaptasi budaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Responden yang diwawancarai dalam penelitian ini dibagi menjadi 3 key informan dan 3 informan yang sudah lebih dari dua tahun berpindah ke Jakarta. Hasil dari penelitian ini adalah adanya perbedaan karakteristik budaya dan logat atau aksen yang digunakan, dan upaya yang dilakukan untuk beradaptasi adalah sering berkumpul dengan teman atau menghubungi keluarga di kampung halaman. Kata Kunci : Komunikasi Antarbudaya, Gegar Budaya, Adaptasi Budaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 10 Feb 2022 02:56
Last Modified: 10 Feb 2022 03:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/33903

Actions (login required)

View Item View Item