Keabsahan Akta Sewa Menyewa Yang Ditandatangani Oleh Subjek Hukum Yang tidak memiliki Kewenangan Untuk Bertindak Mewakili Suatu Badan Usaha (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pangkalpinang Nomor: 36/PDT.G/2020/PN.PGP Jo. Putusan Tinggi Bangka Belitung Nomor: 24/PDT/2020/PTBBL)”.

Hanseen, Hanseen (2022) Keabsahan Akta Sewa Menyewa Yang Ditandatangani Oleh Subjek Hukum Yang tidak memiliki Kewenangan Untuk Bertindak Mewakili Suatu Badan Usaha (Studi Putusan Pengadilan Negeri Pangkalpinang Nomor: 36/PDT.G/2020/PN.PGP Jo. Putusan Tinggi Bangka Belitung Nomor: 24/PDT/2020/PTBBL)”. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Hanseen_205180067 SKRIPSI 2022.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB 1-5 Daftar Pustaka_Hanseen_205180067 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
Lampiran_Hanseen_205180067 SKRIPSI 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Perjanjian adalah suatu hubungan hukum kekayaan/harta benda antara dua orang atau lebih, yang memberi kekuatan hak pada satu pihak untuk memperoleh prestasi dan sekaligus mewajibkan pihak lain untuk menuaikan prestasi. Sahnya suatu perjanjian ditentukan dengan terpenuhinya syarat-syarat yang terdapat dalam ketentuan Pasal 1320 KUH Perdata. Terlepas dari adanya perlindungan dari norma hukum tersebut, mayoritas pelaku usaha atau investor di Indonesia, sering membuat keputusan berdasarkan rasa kepercayaan (trust) terhadap teman atau keluarga dalam menjalankan atau mengelola suatu bisnis. Rasa kepercayaan inilah yang kerap menimbulkan masalah dalam kegiatan bisnis di Indonesia, pertimbangan untuk mengangkat seseorang menjadi karyawan terlebih menjadi pengelola usaha/manager dengan alasan sudah berteman dari kecil dan sudah dekat (dianggap keluarga) bukanlah jaminan bahwa seseorang tersebut memiliki kemampuan, integritas, dan tanggung jawab dalam mengembangkan bisnis yang dijalankan seperti kasus yang terjadi di Pangkalpinang. Penulis dalam tulisan ini mendeskripsikan akibat hukum yang terjadi atas transaksi sewa menyewa yang dilakukan atas dasar kepercayaan kepada teman. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian yuridis normatif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data sekunder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Benny Djaja., S.H., M.H., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Akibat Hukum ; Sewa Menyewa ; Kepercayaan kepada Teman.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 28 Mar 2022 05:54
Last Modified: 28 Mar 2022 05:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/34607

Actions (login required)

View Item View Item