Jocelyn, Jocelyn (2022) Hubungan antara Self-Regulation dengan Prokrastinasi Akademik mahasiswa yang bermain game online. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Text (1).pdf Download (221kB) |
Abstract
Berdasarkan data pada tahun 2017, lebih dari 43,7 juta penduduk Indonesia merupakan pemain game online. Penelitian sebelumnya menemukan pemain game online memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi. Prokrastinasi akademik merupakan penundaan yang sengaja dilakukan dalam bidang akademik. Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa prokrastinasi akademik yang tinggi ini memiliki hubungan dengan self-regulation yang rendah. Tetapi, terdapat penelitian yang menemukan bahwa pemain game online memiliki self-regulation yang tinggi. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan mengkaji hubungan antara self-regulation dengan prokrastinasi akademik mahasiswa yang bermain game online. Penelitian dilaksanakan dengan metode kuantitatif, pengambilan data dilaksanakan melalui kuesioner. Partisipan adalah 396 mahasiswa yang bermain game online. Kuesioner yang digunakan adalah The Self-regulation Questionnaire (SRQ) dan Procrastination Assessment Scale�Students (PASS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulation memiliki hubungan negatif dengan prokrastinasi akademik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sri Tiatri, Ph.D, Psi. and Meylisa Permatasari, S. Psi., M. Sc. |
Uncontrolled Keywords: | self-regulation, prokrastinasi akademik, game online. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 30 May 2022 08:23 |
Last Modified: | 30 May 2022 08:23 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/35641 |
Actions (login required)
View Item |