Ricky, Fabianus (2022) Gambaran konsep diri pemain online game jenis MMORPG. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
KatapengantarDKK.doc.pdf Download (128kB) |
Abstract
MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) merupakan tema online game yang populer di seluruh dunia. Kepopuleran MMORPG dirasakan oleh individu yang memasuki masa dewasa muda. Dalam MMORPG pemain dapat memilih dan membentuk karakter fiksi yang sesuai dengan dirinya. Pembentukan karakter ini berkaitan dengan konsep diri pemain online game. Menurut Fitts, konsep diri adalah penilaian individu terhadap dirinya sendiri yang dapat mempengaruhi perilakunya dalam berinteraksi dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran konsep diri pemain online game jenis MMORPG. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diberikan kepada 403 pemain online game dengan rentang usia 20-40 tahun. Data yang telah terkumpul diolah dengan menggunakan program SPSS (Statistical Program for Social Science) 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi internal dan dimensi eksternal konsep diri pemain online game jenis MMORPG cenderung tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Sandi Kartasasmita, M.Psi |
Uncontrolled Keywords: | Konsep diri, Dewasa muda, Online game |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 06:59 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 06:59 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/36707 |
Actions (login required)
View Item |