Ahyar, Aldea Ilyasa (2022) Perlindungan Konsumen Atas Jual Beli Masker Dikirim Batu Bata Secara Online. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
Cover-Abstrak_Aldea Ilyasa Ahyar.pdf Download (391kB) |
|
Text
BAB ISI_Aldea Ilyasa Ahyar_205180231.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Daftar Pustaka_Aldea Ilyasa Ahyar.pdf Download (189kB) |
|
Text
Lampiran_Aldea Ilyasa Ahyar_205180231.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah merubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli, masyarakat tidak perlu lagi berbelanja secara langsung, melainkan hanya melalui dunia maya, internet sebagai media informasi dan komunikasi telah banyak digunakan untuk kegiatan seperti mencari data, dan berita, saling mengirim pesan email antara satu orang dengan yang lainnya dan melakukan perdagangan dengan memanfaatkan media internet ini dikenal dengan Electronic commerce. Tentu saja dalam hal ini dapat membantu konsumen untuk menghemat waktu sekaligus meringankan konsumen. Di sisi lain, kondisi dan fenomena tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan posisi badan usaha dan konsumen karena produk bisnis online hanya dapat dibeli dan dijual dalam bentuk deskripsi spesifikasi produk, produk, gambar yang tidak dapat dijamin dan konsumen berada pada posisi yang lemah, kemudian pembelian melalui transaksi online juga dilakukan oleh pelaku usaha dan konsumen secara daring (online) tidak dengan secara tatap muka yang menyebabkan pelaku usaha dan konsumen tidak saling mengenal. Transaksi online dilakukan atas kepercayaan dari para pihak. Dengan ini pastinya akan ada permasalahan yang terjadi antara pelaku usaha dengan konsumen seperti, adanya kecacatan barang, barang yang dikirim tidak sesuai, barang sudah dibayar oleh konsumen tetapi tidak dikirim oleh pelaku usaha, ataupun barang yang terlambat datang ke pihak konsumen, di indonesia sendiri terdapat undang undang yang mengatur tentang perlindungan konsumen seperti Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen (UUPK). UUPK sendiri tidak mengandung definisi sebagai perlindungan konsumen tetapi hanya sebagai perumusan perlindungan konsumen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., APU. |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Jual Beli Online, E-commerce. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | FH Perpus |
Date Deposited: | 31 Oct 2022 03:06 |
Last Modified: | 31 Oct 2022 03:06 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/37500 |
Actions (login required)
View Item |