KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM INDUSTRI LIVE SHOPPING DI TIKTOK (Studi Terhadap Akun Tiktok @care.able)

Pelesia, Kenny (2022) KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM INDUSTRI LIVE SHOPPING DI TIKTOK (Studi Terhadap Akun Tiktok @care.able). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK A. KENNY PELESIA (915190128) B. KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM INDUSTRI LIVE SHOPPING DI TIKTOK (Studi Terhadap Akun TikTok @care.able) C. xvi + 82 hlm, Tahun 2022, table 3, gambar 9, Lampiran 20 D. PUBLIC RELATION Abstrak Maraknya transaksi online khususnya berbelanja online memunculkan fenomena atau tren baru yaitu live shopping. Live shopping adalah aktivitas penjual yang melakukan siaran belanja secara langsung dan realtime dengan durasi waktu tertentu, penjual dan pembeli dapat melakukan interaksi secara langsung pada saat siaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi pemasaran digital dalam industri live shopping di TikTok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kegiatan live shopping melalui TikTok bermula dari kegiatan live streaming pada umumnya yang kemudian digunakan sebagai media untuk mempromosikan suatu produk. Kegiatan live shopping di TikTok memberikan hal baru dalam industri live shopping, calon pembeli dapat melakukan transaksi secara langsung tanpa harus keluar dari kegiatan live shopping tersebut, live shopping juga menawarkan kegiatan berbelanja lebih interaktif dan menyenangkan. Kegiatan live shopping dapat dikatakan sebagai bentuk dari komunikasi pemasaran, sebab dari kelima jenis promosi (advertising, public relation, personal selling, direct marketing, sales promotion) pada komunikasi pemasaran dapat digunakan pada kegiatan live shopping. Setelah peneliti mengamati proses dari kegiatan live shopping di TikTok dan melakukan proses pengolahan data, dapat disimpulkan model dari kegiatan live shopping mencakup tiga langkah utama yaitu promosi, interaksi, dan transaksi. Kata Kunci: Live shopping, komunikasi pemasaran, tiktok, belanja online

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:07
Last Modified: 02 Sep 2024 04:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38670

Actions (login required)

View Item View Item