Hotanto, Marvin (2022) ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM FILM THE FOUNDER. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) MARVIN HOTANTO / 915190195 (B) ANALISIS SEMIOTIKA KOMUNIKASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DALAM FILM THE FOUNDER (C) xix+57 hlm, Tahun 2022, tabel 1, gambar 1, Lampiran 1 (D) ADVERTISING Abstrak: Perkembangan zaman selalu bergerak secara dinamis dan cepat yang mempengaruhi segala aspek mulai dari kebiasaan perilaku seseorang, pola pikir, tindakan, dan termasuk dalam komunikasi dan informasi. Salah satu bentuk dari komunikasi dan informasi adalah Film. Film merupakan media massa yang dapat diserap oleh banyak khalayak, karena film mampu untuk menunjukan gambaran terhadap kehidupan sosial sehari-hari. film dapat memberikan pesan, informasi, gambaran, emosi dan juga memberikan dampak positif bagi penonton. Disisi lain, juga dapat memberikan efek negatif dari pesan yang disampaikan melalui film. Film dapat memberikan dampak yang besar dan masif kepada kehidupan masyarakat. Film The Founder merupakan film yang menceritakan perjuangan Ray Kroc untuk meraih kesuksesan melalui bisnis restoran McDonald. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisa unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan yang terdapat pada film The Founder. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure yang mengutarakan kepada penanda (signifier) dan petanda (signified), penulis melakukan pencobaan analisis unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan pada sosok Ray Kroc dalam perjalanan kesuksesannya yang ditampilkan pada film The Founder. Penulis melakukan penelitian dengan pendekatan metode kualitatif semiotika serta subjek dari penelitian memfokuskan pada tokoh Ray Kroc dalam film The Founder dan objek yang digunakan adalah bentuk komunikasi nilai-nilai kewirausahaan tokoh Ray Kroc. Penulis menggunakan Teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data dengan cara observasi. Hasil dari penelitian ini adalah peneliti dapat menyimpulkan terdapat unsur komunikasi nilai-nilai kewirausahaan pada sosok Ray Kroc yang telah dianalisa menggunakan Analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang berfokus kepada nilai-nilai kewirausahaan. vi Kata Kunci: Film, Semiotika, Ferdinand de Saussure, Kualitatif, The Founder
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 02:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 02:43 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/38794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |