Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Jasa Penjualan Mobil Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Terhadap Putusan BPSK No. 001/A/BPSK-DKI/IV/2013)/ oleh Maria Siena Yolanda

YOLANDA, MARIA SIENA (2014) Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Jasa Penjualan Mobil Menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Studi Terhadap Putusan BPSK No. 001/A/BPSK-DKI/IV/2013)/ oleh Maria Siena Yolanda. Skripsi thesis, Universitas Tarumanegara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Banyak terjadi permasalahan di bidang jasa penjualan mobil, menimbulkan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha. Sengketa tersebut dapat dibawa ke BPSK. Salah satu kasus yang diambil adalah dari Putusan BPSK No. 001/A/BPSK-DKI/IV/2013, dimana seorang konsumen bernama M. Fadel merasa dirugikan karena mobil yang dipesannya tak pernah ada dan uang mukanya dibawa kabur oleh sales marketing mobil tersebut. Dengan adanya putusan tersebut, penulis meneliti tentang bagaimana bentuk perlindungan hukum konsumen yang sesuai dengan UUPK dan ketepatan putusan yang diberikan BPSK. Metode yang digunakan adalah metode penelitian normatif/ studi pustaka. Data penelitian menjelaskan tentang kronologis kasus dan amar putusan dimana terdapat perbedaan bukti dan kelalaian. Adanya perbedaan bukti menyebabkan putusan BPSK batal dan akhirnya konsumen tidak memperoleh ganti kerugian/kehilangan bentuk perlindungan hukum karena terbukti ada kesalahan/kelalaian dari pihak konsumen. Sebaiknya jika ingin bertransaksi konsumen lebih teliti dan cermat, untuk pelaku usaha lebih berhati-hati dalam mempekerjakan karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:45
Last Modified: 13 Jul 2018 06:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item View Item