Fujoshi Remaja dan Kenikamatan Bermedia Yaoi

Winduwati, Setiap Fujoshi Remaja dan Kenikamatan Bermedia Yaoi. Karya Ilmiah Dosen. pp. 1-22.

[img]
Preview
Text
2089-4551-2-PB.pdf - Published Version

Download (477kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas pengalaman kenikmatan bermedia dengan konten fiksi boy(s)’s love Romance asal Jepang atau yang lebih dikenal dengan yaoi oleh remaja putri. Dengan menggunakan kerangka pemikiran dalam perkembangan teori entertainment, penelitian ini mengkaji pengalaman kenikmatan yang diperoleh remaja putri penggemar yaoi dalam mengonsumsi fiksi yaoi secara individual. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan paradigma konstruktivis dengan indepth interview sebagai metode pengambilan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fiksi yaoi memberikan pengalaman kenikmatan berupa engagement feeling seperti perasaan terhanyut ke dalam cerita serta pleasant joy yang membuat individu fujoshi mengalami perasaan emosional seperti bahagia, sedih dan marah. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa pemilihan media yaoi yang mereka konsumsi didasari atas pertimbangan unsur-unsur di dalam media yaoi (seperti artwork, tema cerita, dan gaya bahasa), maupun di luar individu (seperti teknologi, pergaulan dan lingkungan sekitar). Secara akademis, penelitian ini memberikan pandangan baru terhadap pengaplikasian kerangka pemikiran teori entertainment dan konsep media enjoyment dalam media yang diakses melalui on line serta jenis konten bermuatan pornografi yang menentang norma asusila di masyarakat Indonesia pada umumnya.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Apr 2017 07:49
Last Modified: 18 Apr 2017 07:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item