Kedudukan Pacalang Dalam Pengembangan Model Penyelenggaraan Sistem Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Bali

Kariyasa, I Made (2024) Kedudukan Pacalang Dalam Pengembangan Model Penyelenggaraan Sistem Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat Bali. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_I Made Kariyasa_208202001.pdf

Download (741kB)
[img] Text
Bab isi_I Made Kariyasa_208202001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_I Made Kariyasa_208202001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
Lampiran_I Made Kariyasa_208202001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kedudukan Pacalang Dalam Pengembangan Model Penyelenggaraan Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Bali. Penelitian ini berfokus pada tiga masalah, yakni : Bagaimana Pengaturan Pacalang dalam Penyelenggaraan Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Provinsi Bali, Bagaimana Pacalang mampu berperan secara efektif dalam Penyelenggaraan Sistem Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Provinsi Bali, Bagaimanakah Kedudukan yang idial Pacalang dalam Pengembangan Model Penyelenggaraan Sitem Keamanan dan Ketertiban Nasional yang Berbasis kearifan Lokal ke Depan. Berkenaan dengan Fokus permasalahan yang hendak ditelaah, beserta tujuan yang ingin diwujudkan pada riset ini yakni: Guna mengkaji dan menganalisis tata aturan Pecalang dalam penyelenggaraan sistem keamanan dan ketertiban masyarakat Bali, untuk mengkaji dan menganalisis peran Pacalang terhadap penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi Bali, untuk mengkaji dan menganalisisi kedudukan Pacalang dalam pengembangan model penyelenggaraan sistem keamanan dan ketertiban nasional yang berbasis kearifan lokal di Indonesia ke depan. Penelitian ini dilakukan di Desa Adat di Kabupaten Badung dan Kota Madya Denpasar di Provinsi Bali. Di tetapkannya Badung dan Kota Madya Denpasar sebagai daerah penelitian mewakili delapan Kabupaten dan satu Kota Madya karena kedua daerah tersebut perkembangan tugas dan funsgsi Pacalang sangat pesat, serta perannya dewasa ini mulai ke ranah publik. Metode pengumpulan data dari responden dan informan dengan melakukan wawancara mendalam (in-depth interview), observasi partisipatoris. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengaturan tugas, funsgi dan wewenang Pacalang dalam melaksanakan tugas belum secara jelas diatur dalam kebijakan peraturan nasional dan Kedudukan Pacalang dalam kontek ketatanegaraan dengan sistem pemerintahan Desa Adat di Bali berada di bawah Bandesa Adat langsung.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor: Prof.Dr. MELLA ISMELINA F. RAHAYU, S.H., M.Hum. Co-Promotor: Prof.Dr. I WAYAN GDE WIRYAWAN, Prof., Dr., S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Kedudukan Pacalang, Model, Sistem Keamanan dan ketertiban.
Subjects: Disertasi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:03
Last Modified: 02 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43605

Actions (login required)

View Item View Item