PENGARUH PENEMPATAN PRODUK PADA KONTEN INSTAGRAM VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP INGATAN MEREK

Putri, Angely Olivia (2023) PENGARUH PENEMPATAN PRODUK PADA KONTEN INSTAGRAM VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP INGATAN MEREK. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Angely Olivia Putri - 115200064 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT TARUMANAGARA UNIVERSITY FACULTY OF ECONOMICS AND BUSINESS JAKARTA (A) ANGELY OLIVIA PUTRI (B) THE EFFECT OF PRODUCT PLACEMENT ON VIRTUAL INFLUENCER INSTAGRAM CONTENT TOWARDS BRAND RECALL (C) xvii + 102 pages, 2023, 13 tables, 19 pictures, 9 attachments (D) MARKETING MANAGEMENT (E) Abstract: This study aims to examine the effect of product placement on virtual influencers Instagram content towards brand recall of Gucci and Nike. Convenience sampling technique is used to take samples and a total of 308 Tarumanagara University students from 8 faculties were participated as an experiment subjects. The treatment in this study is virtual influencer Instagram content which concieves product placement. Data collection was carried out in the form of a field experiment, using questionnaires administered directly in the field, and processed using SPSS. The results of hypothesis testing proved significant where product placement on virtual influencers had a positive effect on Gucci brand recall. However, for Nike, the hypothesis did not yield significance. Based on this result, it can be concluded that product placement on virtual influencers does not increase but reinforce Nike brand recall. (F) Product Placement, Virtual Influencer, Brand Recall (G) Reference list: 57 (1986-2023) (H) Dr. Cokki, S.E., M.M ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) ANGELY OLIVIA PUTRI (B) PENGARUH PENEMPATAN PRODUK PADA KONTEN INSTAGRAM VIRTUAL INFLUENCER TERHADAP INGATAN MEREK (C) xvii + 102 Halaman, 2023, 13 tabel, 19 gambar, 9 lampiran (D) MANAJEMEN PEMASARAN (E) Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penempatan produk pada konten Instagram virtual influencer terhadap ingatan merek Gucci dan Nike. Teknik convenience sampling digunakan dalam mengambil sampel dan sejumlah 308 partisipan mahasiswa Universitas Tarumanagara dari 8 fakultas terlibat sebagai subjek penelitian. Perlakuan pada penelitian ini adalah konten Instagram virtual influencer yang mencakup penempatan produk. Pengambilan data dilakukan dalam bentuk field experiment yaitu secara langsung di lapangan menggunakan kuesioner dan data diolah menggunakan SPSS. Hasil pengujian hipotesis terbukti signifikan dimana penempatan produk pada virtual influencer berpengaruh positif terhadap ingatan merek Gucci. Namun, untuk merek Nike, hipotesis tidak signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penempatan produk pada virtual influencer tidak meningkatkan tetapi memperkuat ingatan merek Nike. (F) Penempatan Produk, Virtual Influencer, Ingatan Merek (G) Daftar Acuan: 57 acuan (1986-2023) (H) Dr. Cokki, S.E., M.M

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 08 Aug 2024 04:37
Last Modified: 08 Aug 2024 04:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43767

Actions (login required)

View Item View Item