PENGARUH ONLINE COMMUNITIES DAN E-WOM PADA PURCHASE INTENTION SMARTPHONE IPHONE DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI MEDIASI

Ardianto, Jesica (2023) PENGARUH ONLINE COMMUNITIES DAN E-WOM PADA PURCHASE INTENTION SMARTPHONE IPHONE DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI MEDIASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Jesica Ardianto - 115200031 JA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) JESICA ARDIANTO (115200031) (B) THE INFLUENCE OF ONLINE COMMUNITIES AND E-WOM ON PURCHASE INTENTION OF IPHONE SMARTPHONES WITH BRAND TRUST AS MEDIATION (C) XV + 95 pages, 2023, 21 tables, 11 pictures, 7 attachments (D) MANANGEMENT MARKETING (E) Abstract: The increasing use of social media technology and the rapid growth of the smartphone industry have opened up great opportunities for companies to understand the factors that influence consumer purchase intention, especially in the context of purchasing iPhone products in Indonesia. In the face of intense competition, companies need to understand the role of online communities, e-WOM, and brand trust in shaping consumer purchase intentions. This study aims to examine the effect of online communities and e-WOM on purchase intention of iPhone smartphones with brand trust as mediation. The population of this study is consumers who use iPhone products in Indonesia. Data was collected through an online questionnaire distributed to iPhone consumers in Indonesia, the sample of this study was 201 respondents. In this study, the research method used was quantitative method, sample selection using non- probability sampling with convenience sampling technique. Data analysis techniques using SmartPLS 4. The results showed that online communities have a positive and significant influence on purchase intention. Online communities have a positive and significant influence on brand trust. Likewise, e-WOM, which also has a positive and significant influence on purchase intention. In addition, e-WOM has a positive and significant influence on brand trust. Brand trust is also proven to have a positive and significant effect on purchase intention. Furthermore, it was found that brand trust mediates the relationship between online communities and purchase intention, as well as between e-WOM and purchase intention. (F) Reference (2014-2023) (G) Hetty Karunia Tunjungsari S.E., M.Si, Dr. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) JESICA ARDIANTO (115200031) (B) PENGARUH ONLINE COMMUNITIES DAN E-WOM PADA PURCHASE INTENTION SMARTPHONE IPHONE DENGAN BRAND TRUST SEBAGAI MEDIASI (C) XV + 95 halaman, 2023, tabel 21, gambar 11, lampiran 7 (D) MANAJEMEN PEMSARAN (E) Abstrak: Peningkatan penggunaan teknologi media sosial dan pertumbuhan industri smartphone yang pesat telah membuka peluang besar bagi perusahaan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen, khususnya dalam konteks pembelian produk iPhone di Indonesia. Dalam menghadapi persaingan yang ketat, perusahaan perlu memahami peran online communities, e-WOM, dan brand trust dalam membentuk niat pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online communities dan e-WOM pada purchase intention smartphone iPhone dengan brand trust sebagai mediasi. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan produk iPhone di Indonesia. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang disebarkan kepada konsumen iPhone di Indonesia, sampel dari penelitian ini sebanyak 201 responden. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, pemilihan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa online communities memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase intention. Online communities memiliki pengaruh positif dan signifikan pada brand trust. Begitu pula e-WOM, yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan pada purchase intention. Selain itu, e-WOM memiliki pengaruh positif dan signifikan pada brand trust. Brand trust juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan pada purchase intention. Selanjutnya, ditemukan bahwa brand trust memediasi hubungan antara online communities dan purchase intention, serta antara e-WOM dan purchase intention. (F) Daftar bacaan (2014-2023) (G) Hetty Karunia Tunjungsari S.E., M.Si, Dr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:04
Last Modified: 20 Aug 2024 08:04
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/43951

Actions (login required)

View Item View Item