PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MSGLOW PADA MAHASISWA/I DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Kosasih, Livia Alexandra (2023) PENGARUH E-WOM, BRAND IMAGE, DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP PURCHASE INTENTION PRODUK MSGLOW PADA MAHASISWA/I DI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TARUMANAGARA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Livia Alexandra Kosasih - 115200004 JA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRACT UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) LIVIA AEXANDRA KOSASIH (115200004) (B) THE INFLUENCE OF E-WOM, BRAND IMAGE, AND BRAND AMBASSADOR ON PURCHASE INTENTION OF MSGLOW PRODUCTS AMONG STUDENTS AT THE FEB, TARUMANAGARA UNIVERSITY. (C) xviii + 51 pages, 23 tables, 7 pictures, 14 attachments (D) MARKETING MANAGEMENT (E) Abstract: The purpose of this research is to empirically examine the true influence of e-wom, brand image, and brand ambassador on consumer purchasing intention. The sampling technique that the researcher used is a non- probability sampling method, namely a purposive sampling technique. Only a few individuals are selected as sample in this research based on certain criteria. This research involves a total of 180 respondents which is consumers who have not yet used MsGlow and consumers who study in Faculty of Economic and Business, Universitas Tarumanagara. This research used quantitative approach with employing a survey method through online questionnaire distribution using Google Forms to gather the information that can be used in testing. In testing the hypothesis and data processing, the researcher use a PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modeling) as a software analysis version 4.0. This research performs two (2) tests which is inner model test and outer model test. In the outer model test, all the indicators and variables demonstrate valid and reliable results, so all indicators and variables can be used in this research. The inner model test involves various test such as coefficients determination test, multicolinearity test, path coefficient test, effect size test, predictive relevance test, and hypothesis testing. Results from all the conducted test in this research indicate that e-wom has a positive and significant influence on consumer purchasing intention. Then, brand image has a positive and significant influence on purchasing intention. However, brand ambassador does not have a positive and significant influence on purchasing intention. (F) Keywords: E-WOM, brand image, brand ambassador, purchase intention. (G) Reference list: 68 (1991–2023) (H) Arifin Djakasaputra S.E., S.KOM., M.Si. ABSTRAK UNIVERSITAS TARUMANAGARA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS JAKARTA (A) LIVIA ALEXANDRA KOSASIH (115200004) (B) PENGARUH E-WOM, Brand Image, dan Brand Ambassador terhadap Purchase Intention produk MsGlow pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara (C) xviii + 51 halaman, 23 tabel, 7 gambar, 14 lampiran (D) MANAJEMEN PEMASARAN (E) Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris yang mendalam mengenai pengaruh variabel dependen yaitu informasi dari mulut ke mulut, citra merk, dan duta merk terhadap variabel independen yaitu keputusan pembelian konsumen pada produk MsGlow. Pada penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling dimana hanya beberapa orang saja yang bisa menjadi sampel penelitian ini karena adanya kriteria dalam pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan sebanyak 180 responden yaitu konsumen yang belum menggunakan produk MsGlow dan juga konsumen yang berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tarumanagara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei berupa menyebarkan kuisioner secara daring menggunakan Google Form untuk mengumpulkan data-data yang akan diolah. Dalam pengujian hipotesis, dilakukan pengolahan data dan analisis menggunakan perangkat lunak PLS-SEM (Partial Least Square – Structural Equation Modelling) versi 4.0. Penelitian ini melakukan dua (2) pengujian yaitu uji inner model dan juga uji outer model. Dalam uji outer model, semua indikator dan variabel memiliki hasil yang valid dan reliabel sehingga semua indikator dan variabel dapat digunakan dalam penelitian ini. Pada pengujian inner model, dilakukan beberapa test seperti uji koefisien determinasi, uji multikolinearitas, uji path coefficient, pengujian efek, uji prediksi, dan juga pengujian hipotesis. Dari semua uji yang dilakukan, maka hasil yang ditunjukan pada penelitian ini menujukkan bahwa informasi dari mulut ke mulut memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian, citra merk memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Tetapi, duta merk tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. (F) Kata Kunci: Informasi mulut ke mulut, citra merek, duta merek, keputusan pembelian. (G) Daftar pustaka: 68 (1991-2023) (H) Arifin Djakasaputra S.E., S.KOM., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 29 Aug 2024 04:35
Last Modified: 29 Aug 2024 04:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item