FIRDAUS, FUAD ABRAR (2023) PENGARUH VIRTUAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA TELKOMSEL. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) FUAD ABRAR FIRDAUS/915170204 (B) PENGARUH VIRTUAL CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA TELKOMSEL (C) xvi + 88 hlm, Tahun 2023, table 20, gambar 3, Lampiran 14 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Veronika (Voice Response and Information Care) merupakan layanan digital chat milik Telkomsel yang berbasis memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh virtual customer service terhadap kepuasan pelanggan pengguna Telkomsel. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasional. Penelitian ini diolah dengan menggunakan uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, analisis korelasi, uji validitas dan uji reliabilitas. Penelitian ini menggunakan teori berkaitan dengan Virtual customer service dan kepuasan pelanggan. Adapun hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa virtual customer service bernama Veronika yang diterapkan oleh Telkomsel memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Pelanggan sangat terbantu dengan adanya pelayanan virtual customer service pada aplikasi Telkomsel karena fleksibilitas dalam melakukan transaksi atau pembayaran yang dapat dilakukan baik itu melalui pulsa, via transfer bank, serta aplikasi keuangan digital lainnya. Adanya virtual customer service sebagai bentuk strategi public relations dimana pelayanan pelanggan dilakukan secara online sehingga membuat jarak antara perusahaan dengan pelanggan menjadi lebih dekat dan memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan mereka. Kata Kunci: Virtual Customer Service, Kepuasan Pelanggan, Veronika (Voice Response and Info Care) (E) DAFTAR PUSTAKA: 3 (buku), 21 (jurnal), 2 (website) (F) Dr. Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:41 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:41 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44077 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |