KONTRIBUSI PENGGEMAR DALAM MENGEMBANGKAN BRAND IMAGE DAN POPULARITAS BOYGROUP K-POP DI TIKTOK (STUDI KASUS DANCE CHALLENGE NCT DENGAN TAGAR #YOGURTSHAKECHALLENGE)

Graciella, Gidhea (2023) KONTRIBUSI PENGGEMAR DALAM MENGEMBANGKAN BRAND IMAGE DAN POPULARITAS BOYGROUP K-POP DI TIKTOK (STUDI KASUS DANCE CHALLENGE NCT DENGAN TAGAR #YOGURTSHAKECHALLENGE). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A)GIDHEA GRACIELLA (915200017) (B) KONTRIBUSI PENGGEMAR DALAM MENGEMBANGKAN BRAND IMAGE DAN POPULARITAS BOYGROUP K-POP DI TIKTOK (STUDI KASUS DANCE CHALLENGE NCT DENGAN TAGAR #YOGURTSHAKECHALLENGE) (C)XVIII+54hlm, Tahun 2023, 3 tabel, 8 gambar, 1 bagan, 4 lampiran (D)ADVERTISING Abstrak: Di era teknologi yang terus berkembang, media sosial khususnya TikTok telah mengubah cara interaksi, komunikasi, konsumsi informasi, serta memberikan peluang baru bagi merek dan identitas lainnya untuk memperluas jangkauan, mengembangkan brand image dan popularitas. Terutama dalam industri K-Pop yang memanfaatkan TikTok sebagai strategi untuk memperluas jangkauan dan membangun brand image serta popularitasnya. Salah satu strategi yang dilakukan adalah menciptakan konten dance challenge yang menarik keterlibatan penggemar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kontribusi penggemar dalam mengembangkan brand image dan popularitas NCT melalui dance challenge dengan tagar #YogurtShakeChallenge di media sosial TikTok. Penelitian ini menggunakan konsep media sosial, budaya populer, keterlibatan penggemar (fan engagement), brand image, dan popularitas. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif, metode studi kasus. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa media sosial TikTok menjadi platform bagi penggemar K-Pop untuk bersosialisasi dan berbagi informasi. Selain itu, penggemar memanfaatkan TikTok sebagai wadah untuk mendukung dan memperkenalkan NCT ke jangkauan yang lebih luas. Dengan adanya antusias dari para penggemar tidak hanya memperluas jangkauan konten dengan berkontribusi dalam dance challenge dengan tagar #YogurtShakeChallenge, tetapi juga membentuk ikatan positif antara grup dan penggemar, dan menumbuhkan perkembangan brand image dan popularitas NCT. Kata Kunci: TikTok, K-Pop, Kontribusi Penggemar, Brand Image, Popularitas (E) DAFTAR PUSTAKA: 5 (buku), 32 (jurnal), 4 (website) (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:17
Last Modified: 03 Sep 2024 01:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44105

Actions (login required)

View Item View Item