MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPOPULERKAN SENI MODERN DAN KONTEMPORER (STUDI KASUS PADA MUSEUM MACAN DI JAKARTA)

Emerald, Serena (2023) MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPOPULERKAN SENI MODERN DAN KONTEMPORER (STUDI KASUS PADA MUSEUM MACAN DI JAKARTA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A)SERENA EMERALD/ 915200024 (B) MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPOPULERKAN SENI MODERN DAN KONTEMPORER (STUDI KASUS PADA MUSEUM MACAN DI JAKARTA) (C) xvii + 103 hlm, Tahun 2023, 2 Tabel, 5 Gambar, 6 Lampiran (D)PUBLIC RELATIONS Abstrak: Industri pariwisata merupakan sektor ekonomi yang terus berkembang di seluruh dunia. Museum seni merupakan salah satu daya tarik pariwisata di Indonesia, salah satunya adalah Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (Museum MACAN). Museum MACAN merupakan museum pertama di Indonesia yang menampilkan koleksi seni rupa modern dari Indonesia dan internasional. Seni modern dan kontemporer masih tergolong sebagai hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Museum MACAN untuk memperkenalkan dirinya dan mengkomunikasikan seni modern dan kontemporer ke masyarakat luas. Seiring dengan perkembangan industri dan persaingan yang semakin ketat, dunia pemasaran (marketing) dan hubungan masyarakat (public relations) memiliki keterkaitan yang semakin erat. Marketing Public Relations dipahami sebagai proses perencanaan dan pengevaluasian program dengan cara mengkomunikasikan informasi dan menciptakan kesan kredibel untuk menarik perhatian dan menghubungkan perusahaan dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana Marketing Public Relations yang diterapkan Museum MACAN dalam mempopulerkan seni modern dan kontemporer. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, hasil penelitian menunjukkan Museum MACAN menerapkan Marketing Public Relations yang mencakup strategi push, pull, dan pass dalam mempopulerkan seni modern dan kontemporer. Kata Kunci: Marketing Public Relations, museum, seni modern dan kontemporer (E) DAFTAR PUSTAKA: 13 buku, 18 jurnal (F) Dr. Sinta Paramita, S.I.P., M.A.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 01:48
Last Modified: 03 Sep 2024 01:48
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44112

Actions (login required)

View Item View Item