YULIANA NAINGGOLAN, HERTI (2023) PENGARUH EFEKTIVITAS KAMPANYE CLEAN & CLEAR “BANGGA DENGAN WARNA KULITMU” TERHADAP KONSEP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) HERTI YULIANA NAINGGOLAN/915200041 (B) PENGARUH EFEKTIVITAS KAMPANYE CLEAN & CLEAR “BANGGA DENGAN WARNA KULITMU” TERHADAP KONSEP KEPERCAYAAN DIRI REMAJA PUTRI (C) Xxi + 72 hlm, Tahun 2023, table 15, gambar 11, Lampiran 8 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: Representasi perempuan dengan kulit putih sudah menjadi standar minimal yang harus dimiliki oleh setiap perempuan di Indonesia terutama oleh remaja putri. Dari representasi tersebut, akhirnya mempengaruhi kepercayaan diri pada remaja puteri di Indonesia terlebih dengan maraknya pemberitaan media mengenai kecantikkan dan warna kulit. Padahal kenyataannya kulit putih tidak sesuai dengan masyarakat Indonesia yang mayoritas memiliki warna kulit sawo matang. Sehingga masih banyak perempuan di Indonesia khususnya remaja putri yang masih menyetujui serta mengakui bahwa cantik memang harus memiliki kulit putih. Clean & Clear kemudian merespons representasi pemberitaan tersebut dengan membuat kampanye dengan tujuan untuk mengubah pola pikir remaja putri di Indonesia melalui konsep kepercayaan diri. Kampanye tersebut mengusung konsep “Bangga Dengan Warna Kulitmu” untuk menekankan pada remaja putri bahwa cantik tidak berarti harus memiliki kulit putih. Penelitian ini dilakukan untuk menilai apakah efektivitas kampanye Clean & Clear berpengaruh pada konsep kepercayaan diri remaja putri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar kepada remaja putri berusia 10 sampai 22 tahun sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Santrock mengenai klasifikasi usia remaja putri yang meliputi: usia remaja awal, usia remaja tengah, dan usia remaja akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian pada analisis koefiesien determinasi sebesar 76,3%, sehingga angka tersebut menujukkan bahwa kampanye memberikan pengaruh cukup besar terhadap konsep kepercayaan diri pada remaja putri. Kata Kunci: Efektivitas Kampanye, Kepercayaan Diri, Remaja Putri (E) DAFTAR PUSTAKA: 1 (buku), 17 (jurnal) (F) DR. REZI ERDIANSYAH, MS.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 02:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 02:51 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44134 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |