STRATEGI PENYAJIAN VIDEO PADA MEDIA ONLINE SESUAI DENGAN KODE ETIK JURNALISTIK (STUDI KASUS: VIDEO PROGRAM “SOSOK” DI DETIKCOM KANAL 2ODETIK)

OKTAVIA, MARSHANDA (2023) STRATEGI PENYAJIAN VIDEO PADA MEDIA ONLINE SESUAI DENGAN KODE ETIK JURNALISTIK (STUDI KASUS: VIDEO PROGRAM “SOSOK” DI DETIKCOM KANAL 2ODETIK). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) MARSHANDA OKTAVIA/915200079 (B) STRATEGI PENYAJIAN VIDEO PADA MEDIA ONLINE SESUAI KODE ETIK JURNALISTIK (STUDI KASUS: PROGRAM “SOSOK” DI DETIKCOM KANAL 20DETIK) (C) xvi.+ 114.hlm, Tahun 2023., 2 tabel, 12 gambar, 3 lampiran (D) JURNALISTIK Abstrak: Perkembangan teknologi dan informasi juga memberikan dampak bagi perkembangan dunia jurnalistik yang berawal dari media cetak hingga sekarang muncul situs berita, blog, dan website. Dengan perkembangan ini pastinya harus selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru dengan memberikan produkproduk jurnalistik dengan media yang berbeda seperti lewat video, podcast maupun livestreaming tapi dengn perubahan media ini tetap akan mentaati kode etik jurnalistik yang sudah ditetapkan. Penelitian ini akan mengupas mengenai strategi penyajian video pada media online yang sesuai dengan kode etik jurnalistik. Peneliti mengambil studi kasus pada Program ”Sosok” pada detikcom terkhusus kanal 20detik. Program Sosok sendiri adalah sebuah program dengan durasi maksimal 15 menit, yang menyajikan video yang sangat menginsipirasi dari para pejuang kehidupan dan memberi pelajaran tentang hidup. Teori-teori yang digunakan adalah teori media online, konvergensi media, video jurnalistik, strategi, dan kode etik jurnalistik Metodologi yang digunakan adalah metodologi kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti. Setelah melakukan penelitian , peneliti menemukan bahwa dalam perencanaan program “Sosok” sudah mentaati kode etik jurnalistik pasal dua, tiga, empat, enam, tujuh dan sembilan. Tetapi dari diskusi yang dilakukan oleh peneliti dan Gafar Yoedtadi, seorang ahli dalam dunia jurnalistik, peneliti menarik kesimpulan bahwa Tim Program “Sosok” hanya mentaati kode etik jurnalistik pasal dua, empat, enam dan sembilan dalam melakukan strategi atau perencanaan lewat praproduksi,bproduksi dan pasca produksi. Kata Kunci: Strategi , Kode Etik Jurnalistik , Media Online (E) DAFTAR PUSTAKA: 5 (buku), 11 (jurnal) (F) Farid Rusdi,S.S.,M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:30
Last Modified: 03 Sep 2024 06:30
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44177

Actions (login required)

View Item View Item