ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA (STUDI KASUS PRODUK KOLABORASI SCARLETT WHITENING DAN BOY GROUP EXO)

OCTAVIANY, KAREN (2023) ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA (STUDI KASUS PRODUK KOLABORASI SCARLETT WHITENING DAN BOY GROUP EXO). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) KAREN OCTAVIANY / 915200106 (B) ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA (STUDI KASUS PRODUK KOLABORASI SCARLETT WHITENING DAN BOY GROUP EXO) (C) Xvii + 79 Hlm, Tahun 2023, 3 tabel, 8 gambar, 4 lampiran (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak : Indonesia sebagai negara yang tidak menutup jembatan masuknya budaya negara lain menghasilkan banyak budaya luar yang masuk dan berkembang di Indonesia, salah satunya adalah budaya Korean Wave, K-Pop milik Korea Selatan. Antusiasme penggemar K-Pop di Indonesia menjadikan penggemar K-Pop sebagai target pasar yang diincar oleh berbagai perusahaan. Scarlett Whitening merupakan salah satu perusahaan local brand skincare yang meluncurkan produk co-branding dengan idola K-Pop asal Korea Selatan untuk mendapatkan loyalitas penggemar K-Pop Indonesia. Selain itu, komunikasi persuasif EXO kepada penggemarnya di Indonesia juga turut dilakukan untuk mendukung strategi co-branding tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku konsumtif penggemar K-Pop Indonesia dalam melakukan pembelian rangkaian produk kolaborasi Scarlett Whitening dan EXO. Dalam pembahasannya, penelitian ini menggunakan komunikasi pemasaran co-branding, komunikasi persuasif dan penggemar. Untuk mendalami fenomena, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian fenomenologi. Hasil penelitian mendeskripsikan cobranding dan komunikasi persuasif oleh EXO, memicu perilaku konsumtif penggemar K-Pop Indonesia dalam melakukan pembelian produk kolaborasi Scarlett Whitening dan EXO. Aspek perilaku konsumtif yang dilakukan penggemar merupakan mencari kesenangan. Aspek impulsive buying dan pemborosan dapat tetap ada, namun dalam setiap kasus pembelian dapat berbeda. Kata Kunci: Korean Wave, Penggemar, Co-branding, Perilaku Konsumtif (E). DAFTAR PUSTAKA : 18 (jurnal), 3 (skripsi), 4 (situs online) (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:23
Last Modified: 04 Sep 2024 01:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44201

Actions (login required)

View Item View Item