ANALISIS ATRIBUT DALAM KOMUNIKASI SEBAGAI PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL (STUDI PADA PENGGUNAAN LIGHTSTICK OLEH PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA)

JESSICA, JESSICA (2023) ANALISIS ATRIBUT DALAM KOMUNIKASI SEBAGAI PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL (STUDI PADA PENGGUNAAN LIGHTSTICK OLEH PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) JESSICA/915200149 (B) ANALISIS ATRIBUT DALAM KOMUNIKASI SEBAGAI PEMBENTUKAN IDENTITAS SOSIAL (STUDI PADA PENGGUNAAN LIGHTSTICK OLEH PENGGEMAR K-POP DI INDONESIA) (C) xviii + 56 hlm, Tahun 2023, table 4, gambar 6 Lampiran 4 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak: K-Pop atau Korean Pop adalah subgenre musik pop yang berasal dari Korea Selatan. K-Pop dikenal identik dengan boy group dan girl group. Selain karena karya musiknya, idola K-Pop digandrungi oleh masyarakat karena visual yang menawan dan pernak-pernik khusus yang tidak dimiliki oleh genre lain. Para penggemar berlombalomba untuk membeli atribut seperti lightstick karena dinilai unik dan berbeda. Penggemar bersorak-sorak, menyanyi dan menari dalam konser dan acara K-Pop menggunakan atribut lightstick untuk menyampaikan dukungan kepada idolanya. Penggemar K-Pop dengan minat dan kesukaan terhadap artis yang sama biasanya bergabung ke dalam satu kelompok yang disebut sebagai fandom. Dalam fandom ini, penggemar melakukan aktivitas mendukung, mengekspresikan dan berbagi informasi terkait idola mereka. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan atribut dalam komunikasi membentuk identitas sosial penggemar KPop di Indonesia. Konsep yang mendukung penelitian ini adalah konsep komunikasi non-verbal, komunikasi artifaktual, atribut dalam komunikasi dan identitas sosial. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut lightstick digunakan oleh penggemar untuk menyampaikan pesan non-verbal kepada idolanya, sesama penggemar dalam satu fandom yang sama serta kepada masyarakat umum, selain itu lightstick juga digunakan untuk menyatakan identitas sosial dalam sebuah kelompok. Kata Kunci: Lightstick, Identitas Sosial, Komunikasi, Atribut, Penggemar (E) DAFTAR PUSTAKA: 1 (buku), 42 (jurnal), 4 (prosiding, skripsi), 3 (website) (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.S

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2024 04:08
Last Modified: 04 Sep 2024 04:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44243

Actions (login required)

View Item View Item