MARGARETA, VITA (2023) ANALISIS KOMUNIKASI SIMBOLIK PEKERJA TUNARUNGU KEPADA PEMBELI (STUDI KASUS PADA DIFABIS COFFEE & TEA). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) VITA MARGARETA/915200150 (B) ANALISIS KOMUNIKASI PEKERJA TUNARUNGU KEPADA PEMBELI (STUDI KASUS PADA DIFABIS COFFEE &TEA) (C) 86 hlm, Tahun 2023, table 1, Gambar 9, Lampiran 1 (D) BIDANG KONSENTRASI Abstrak: Penelitian ini berjudul Analisis Komunikasi Pekerja Tunarungu kepada Pembeli (Studi kasus pada Difabis Coffee & Tea). Dalam kehidupan manusia pastinya saling membutuhkan satu sama dengan yang lain, dan adanya saling menjalin komunikasi satu dengan yang lain. Dengan komunikasi, manusia dapat menukar pesan dan pikiran kepada pendengar. Baik secara verbal dan non-verbal sehingga terjadi umpan balik. Para era globalisasi saat ini, banyak sekali masyarakat Indonesia membuat suatu bisnis yang sesuai dengan tren di kalangan milenal, dimana membuka coffee shop yang menarik dan unik. Tujuan kedai kopi ini dibuat agar penyandang disabilitas memiliki kesempatan untuk berkarya dan mengebangkan diri sehingga membuat dirinya merasa tak berbeda dengan lingkungan yang ada disekitarnya. Tunarungu adalah seseorang yang memiliki gangguan dalam pendengaran secara keseluruhan, maupun yang masih memiliki sisa-sisa pendengaran (Asrori,2020, hlm.87). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik, dan komunikasi interpersonal. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan metode studi kasus. Data hasil penelitian diperoleh melalui Observasi dan wawancara. Hasil penelitian kepercayaan diri seseorang penyandang disabilitas dengan keterbatasan pendengaran yang mereka alami. tidak menutup kemungkinan mereka tidak dapat bekerja dan melakukan kegiatan seperti manusia non-difabel. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap 4 informan yaitu PIC Manager kedai kopi Difabis membahas seputar kedai kopi Difabis, Pelayan penyandang disabilitas Tunarungu menanyakan melakukan pelayanan kepada konsumen, Konsumen kedai kopi Difabis menanyakan bagaimana pelayanan yang diberikan oleh pelayan penyandang disabilitas, yang terakhir dosen ahli dari Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara untuk memfalidasi kebeneran dari penggunaan teori dan data yang di teliti dari penelitian ini. Kata Kunci: Tunarungu, Interaksi Simbolik, Komunikasi Interpersonal, Pekerja Penyandang Disabilitas (E) DAFTAR PUSTAKA: (Buku) 1, (jurnal) 9 (F) SISCA AULIA S. I.Kom., M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:11 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:11 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |