Putri, Edsa Estella Amrikasari (2023) STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS MELALUI KEY OPINION LEADER DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI PADA TIM ATLET MUSCLE FIRST 2021-2023). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK (A) EDSA ESTELLA AMRIKASARI PUTRI/915200175 (B) STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS MELALUI KEY OPINION LEADER (KOL) DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (STUDI PADA TIM ATLET MUSCLE FIRST 2021-2023) (C) xvi+56 hlm, Tahun 2023, table 1, gambar 2, lampiran 6 (D) PUBLIC RELATIONS Abstrak:Memasuki era digital saat ini, peran Public Relations dituntut untuk beradaptasi dalam usahanya melakukan pendekatan dengan publik. Menggunakan influencer atau Key Opinion Leader (KOL) dalam menjangkau audiens bagi suatu brand melalui media sosial bukanlah hal yang baru di era digital ini. PT Unggulan Bugar Indonesia - Muscle First, menyadari pentingnya strategi yang efektif dalam mempertahankan keunggulan kompetitif di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi kampanye public relations melalui key opinion leader (KOL) Muscle First periode 2021 – 2023 dalam meningkatkan brand awareness. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Publik dengan konsep Marketing Public Relations dan strategi kampanye public relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data untuk penelitian ini dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumen analisis serta studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah strategi kampanye public relations yang dilaksanakan oleh Muscle First dalam meningkatkan brand awareness meliputi beberapa tahapan yaitu riset, perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi seperti yang dipaparkan pada The Nine Steps of Strategic Public Relations yang dibagi menjadi 4 bagian besar yaitu formative research, strategy, tactics, dan evaluative research. Penggunaan Key opinion leader (KOL) dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan menjadi medium penyebaran pesan kampanye bagi suatu brand. Walaupun key opinion leader (KOL) tersebut bukanlah influencer dengan jumlah pengikut banyak. Jumlah pengikut yang tidak terlalu banyak tersebut membuat konsumen merasa lebih dekat dengan key opinion leader (KOL), yang kemudian diharapkan dapat menjadi dekat dengan brand sehingga brand tersebut dapat menduduki posisi top of mind bagi konsumen. Kata Kunci: Marketing Public Relations, Strategi kampanye public relations, Key opinion leader (KOL). (E) DAFTAR PUSTAKA: 15 (buku), 18 (jurnal), 3 (website) (F) Septia Winduwati S.Sos., M.Si
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | FIKOM Perpus |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:02 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:02 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |