PERILAKU KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR ENHYPEN MELALUI TWITTER DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (STUDI KASUS AKUN AUTOBASE TWITTER @ENGINAFESS)

CELINE S, PRISCILLA EVANGELINE (2024) PERILAKU KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR ENHYPEN MELALUI TWITTER DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (STUDI KASUS AKUN AUTOBASE TWITTER @ENGINAFESS). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A)PRISCILLA EVANGELINE CELINE SAGALA / 915200186 (B) PERILAKU KOMUNIKASI KELOMPOK PENGGEMAR ENHYPEN MELALUI TWITTER DALAM KOMUNITAS VIRTUAL (STUDI KASUS AKUN AUTOBASE TWITTER @ENGINAFESS) (C) xix+135 hlm, Tahun 2023, table 2, gambar 5, Lampiran 4 (D)PUBLIC RELATIONS Abstrak: Penggemar K-Pop di Indonesia terlibat aktif dalam berbagai interaksi melalui media sosial, termasuk Twitter. Aktivitas komunikasi ini memungkinkan penggemar untuk mencari informasi mengenai idola mereka dan terhubung dengan komunitas penggemar lainnya sehingga mendorong terbentuknya komunitas virtual seperti komunitas @enginafess. Komunitas @enginafess adalah wadah bagi penggemar ENHYPEN atau ENGENE asal Indonesia untuk berbagi informasi dan berdiskusi terkait aktivitas fandom. Setiap aktivitas komunikasi dalam komunitas ini diatur oleh berbagai norma yang menentukan perilaku komunikasi kelompok penggemar di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku komunikasi kelompok yang dilakukan penggemar ENHYPEN dalam komunitas virtual melalui akun @enginafess. Konsep yang mendukung penelitian ini adalah konsep komunikasi kelompok dan komunitas virtual. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan penggemar dalam komunitas virtual adalah untuk mengekspresikan dukungan terhadap idola dan sesama penggemar. Mereka merasakan adanya perluasan jaringan dengan bertambahnya relasi baru. Sistem autobase yang dimiliki komunitas virtual akan membagi pengikut ke dalam dua kelompok berbeda berdasarkan peran, yaitu sebagai pemberi informasi dan penerima informasi. Namun, karakteristik Twitter yang berbasis teks dapat menimbulkan kesalahan persepsi dan kekhawatiran penggemar terhadap kritik tajam sehingga diperlukan norma untuk mengatur penggemar dalam berperilaku. Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Komunikasi Kelompok, Komunitas Virtual, Autobase, Penggemar (E) DAFTAR PUSTAKA: 8 buku (2017-2021), 29 jurnal (2014-2023), 4 website (2023), 8 skripsi, tesis, disertasi (2015-2022). (F) Lusia Savitri Setyo Utami, S.Sos., M.Si

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:13
Last Modified: 04 Sep 2024 07:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44264

Actions (login required)

View Item View Item