PENGARUH NCT DREAM SEBAGAI MODEL TAP CASH BNI TERHADAP MINAT BELI. (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS NCT DREAM)

RINI, CIKA PUSPITA (2023) PENGARUH NCT DREAM SEBAGAI MODEL TAP CASH BNI TERHADAP MINAT BELI. (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS NCT DREAM). Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Komunikasi.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK (A) CIKA PUSPITA RINI/915200222 (B) PENGARUH NCT DREAM SEBAGAI MODEL TAP CASH BNI TERHADAP MINAT BELI (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA KOMUNITAS NCT DREAM) (C) xv+75 hlm, Tahun 2023, table 21, gambar 6, Lampiran 12 (D)JURNALISTIK Abstrak: Maraknya Korean Wave di seluruh dunia, termasuk di Indonesia membuat perusahaan memiliki peluang besar untuk menarik konsumen yang antusias terhadap K-Pop. Salah satu strategi bisnis yang diambil adalah menjadikan grup idol K-Pop sebagai model atau Brand Ambassador. Contohnya adalah kolaborasi antara boy group NCT Dream dan Tap Cash BNI di Indonesia yang merupakan penelitian penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (stimulus) NCT Dream sebagai model Tap Cash BNI terhadap minat beli komunitas penggemar mereka, NCTzen, di Indonesia (response). Penelitian ini mengusung konsep dari komunikasi pemasaran dengan menerapkan penggunaan Teori S-O-R (Stimulus Organism Response). Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan melakukan survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden anggota komunitas NCTzen di Jakarta WhatsApp NCTzen – Jakarta dibawah naungan KLY (KapanLagi Youniverse). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, uji T, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi menggunakan SPSS Statistic 26. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif, dimana sebanyak 85.7% dari variasi minat beli anggota komunitas NCTzen dapat dijelaskan oleh pengaruh NCT Dream sebagai model Tap Cash BNI. Sisanya, 14.3%, dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami keterkaitan antara industri musik K-Pop dan komunikasi pemasaran melalui penggunaan idol K-Pop sebagai model. Kata Kunci: Minat Beli, Brand Ambassador, Tap Cash BNI, NCT Dream (E) DAFTAR PUSTAKA: 3(buku), 23 (jurnal) (F) Dr. Moehammad Gafar Yoedtadi, M.Si.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: FIKOM Perpus
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:12
Last Modified: 05 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/44288

Actions (login required)

View Item View Item